5 Tempat Wisata Terkenal Di Sumatera Utara

Salah satu wilayah bagian barat Indonesia yang menyimpan sejuta pesona adalah Sumatera Utara. Di wilayah Sumatera Utara ini tersimpan banyak tempat wisata yang begitu ikonik. Mulai dari adanya wisata alam hingga wisata sejarah, dimana kesemuanya itu dapat dinikmati di wilayah Sumatera Utara. Sumatera Utara ini sendiri adalah sebuah provinsi di Pulau Sumatera yang beribukota di Medan. Pada dasarnya Sumatera Utara ini terbagi menjadi Pesisir Timur dan Pesisir Barat, Pegunungan bukit barisan, dan Kepulauan Nias.

Lalu tempat wisata Sumatera Utara apa saja yang terkenal sehingga layak dikunjungi? Berikut dibawah ini 5 tempat wisata terkenal di Sumatera Utara diantaranya yaitu :

  • Danau Toba Dan Pulau Samosir

Danau Toba ini merupakan danau berkawah dengan luas 1.145 kilometer persegi. Sebenarnya Danau Toba ini bentuknya lebih menyerupai lautan daripada danau jika dilihat dari ukurannya. Sehingga jangan heran jika Danau Toba ini dinobatkan sebagai danau yang paling luas di Asia Tenggara dan paling besar kedua didunia setelah Danau Victoria yang ada di Afrika.

Di tengah Danau Toba adanya Pulau Samosir dengan ketinggian 1000 mdpl. Di Pulau Samosir ini adanya berbagai tempat wisata seperti makam yang terbuat dari batu yang usianya itu hampir sekitar 500 tahun. Selain itu juga adanya desa desa dengan rumah rumah adat tradisional dan juga adanya kebudayaan Batak Toba yang unik dan kuno.

  • Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL)

Taman Nasional Gunung Leuser atau TNGL ini meliputi ekosistem asli mulai dari pantai hingga pegunungan tinggi yang dikelilingi hutan lebat khas hutan tropis. Taman Nasional ini dikelola dengan sistem zonasi yang dimanfaatkan untuk berbagai tujuan seperti penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, penunjang budidaya, pariwisata, dan juga rekreasi. Di Taman Nasional ini ada 2 destinasi wisata yang bisa dikunjungi seperti Bukit Lawang dan Tangkahan.

  • Air Terjun Sipiso Piso 

Air terjun di tempat wisata ini merupakan salah satu air terjun yang paling tinggi di Indonesia yaitu dengan ketinggian sekitar 120 meter. Kata “Piso” yang tersemat pada nama air terjun yang ada ditempat wisata ini berarti pisau. Karena memang air terjun di tempat wisata tersebut jika dilihat dari kejauhan bentuknya itu seperti pisau, kecil, dan panjang.

  • Istana Maimun

Istana Maimun ini adalah istana peninggalan kerajaan Deli yang dipimpin oleh Sultan Al Rasyid Perkasa Alamsyah ditahun 1973. Saat itu adanya 4 sultan Melayu yang sempat menempati Istana Maimun tersebut. Pembangunan Istana ini diarsiteki oleh TH Van Erp pada tahun 1988, dimana arsiteknya itu bekerja juga sebagai Konijinlijk Nederlands Indische Leger (KNIL) atau tentara Kerajaan Hindia Belanda. Bangunan tersebut didesain dengan mengkombinasikan antara Indonesia, Persia, dan juga Eropa.

  • Teluk Dalam

Di Teluk Dalam ini adanya Pantai Pantai indah seperti Pantai Lagundri dan Pantai Sorake. Karena kedua pantai yang ada di Teluk Dalam ini memiliki gulungan ombak dengan ketinggian sempurna yang setara dengan yang ada di Hawaii sehingga jangan heran jika kedua pantai tersebut menjadi primadona bagi para peselancar dunia.

Selain itu masih ada tempat wisata terkenal lainnya di Sumatera Utara yaitu Pantai Tureloto yang memiliki batu karang raksasa yang berbentuk bundar pada bagian bibir pantainya. Batu raksasa ini sering dijadikan sebagai background oleh para wisatawan yang ingin berswafoto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *