Published On: Mon, Jan 2nd, 2017

4 Cara Memilih Aksesori Rambut Untuk Setiap Jenis Rambut

aksesori-rambut-sesuai-jenis-rambutRambut panjang, rambut pendek, tebal atau tipis? Apapun jenis rambut Anda, temukanlah aksesori rambut yang paling serasi.

Berikut 4 cara memilih aksesori rambut untuk setiap jenis rambut.

Rambut Panjang : Tusuk Rambut

Rambut panjang bisa menggunakan semua jenis hiasan rambut, tapi tusuk rambut adalah cara tercepat untuk membentuk sanggul sederhana dengan ringkas dan aman. Dengan sedikit latihan, Anda bisa menguasai teknik menyanggul rambut dengan aksesori ini kok.

Carilah tusuk rambut yang terbuat dari kayu atau resin yang kuat agar sanggul tidak merosot. Pilih yang panjangnya sekitar 10-12 cm. Lebih dari 12 cm, tusuk rambut terlihat aneh dan bisa menusuk-nusuk leher.

Cara memakainya mudah. Kumpulkan rambut seperti biasa kalau Anda akan menguncir. Kemudian pelintir sampai membentuk sanggul ketat dan selipkan ujung rambut di bawah sanggul. Pegang terus sanggul dengan satu tangan, selipkan ujung tusuk rambut dari bagian bawah, tekan ke atas menembus bagian tengah sanggul sampai ujung tusuk rambut itu muncul di atas sanggul. Selanjutnya putar ujung akesori itu dengan rotasi 180 derajat dan dorong ke bawah menembus sanggul. Tambahkan satu tusuk rambut lagi agar sanggul semakin kuat atau kencangkan sanggul dengan karet.

Baca juga : Tampil Powerfull dengan Baju Terbaik

Rambut Pendek : Bandana

Banyak wanita berambut pendek yang menganggap mereka hanya bisa memakai jepit atau karet untuk mempercantik rambut mereka, padahal ada bandana yang bisa menjadi aksen manis bagi rambut pendek. Bandana juga pilihan tepat kalau Anda sedang dalam proses memanjangkan rambut.

Untuk menggunakannya, perhatikan dulu seberapa pendek rambut Anda. Untuk rambut yang sangat pendek (sekitar 2,5 cm sampai 6,5 cm), pakailah bandana dengan lebar 4,5 cm. Untuk rambut dengan potongan bob, pilih bandana yang lebih lebar atau selendang.

Dengan bantuan bandana, Anda bisa menciptakan efek volume di bagian atas rambut/ubun-ubun. Sambil mengeringkan rambut Anda dengan hair dryer, gunakan jari-jari Anda untuk mengangkat rambut di bagian ubun-ubun. Untuk menghasilkan lebih banyak volume, acak-acak rambut. Pasang bandana beberapa cm dari garis rambut. Rapikan poni yang menyembul di sekitar bandana. Ada jenis bandana yang terbuat dari bahan yang cepat selip. Kuatkan posisinya dengan dua buah jepit di bagian bawah telinga kanan dan kiri.

Rambut Tipis : Sirkam

Tantangan terbesar untuk pemilik rambut halus/tipis adalah menemukan aksesori yang tidak akan selip. Sirkam yang terbuat dari kawat ringan adalah pilihan terbaik. Pilihlah sirkam berukuran 3,5 sampai 7 cm. Ukuran yang lebih besar justru tidak dapat menahan rambut halus dengan kuat.

Pertama-tama, kotori rambut sedikit saja dengan menggunakan produk rambut. Produk rambut (hairspray atau gel) menambah volume dan membuat tektur rambut menjadi lebih kasar, sehingga menyediakan “sangkutan” yang lebih banyak pada sirkam.

Baca juga : Bekali Diri dengan Make Up dan Kreativitas

Untuk memasang sirkam di salah satu sisi rambut, semprotkan dulu rambut kering kamu dengan hair spray kemudian sisir. Buatlah belahan vertikal di dekat telinga untuk memisahkan rambut yang akan kamu tarik ke belakang. Peganglah sirkam dengan gigi-giginya diarahkan ke kulit kepala, sisirlah bagian depan ke arah belakang sampai ke tempat yang Anda inginkan untuk “mengunci” sirkam. Balikkan arah dan tancapkan sirkam dengan kencang.

Rambut Tebal : Karet Hias

Rambut tebal mengembang yang sukar diatur bikin jengkel banget deh. Untunglah ada ornamen elastis yang bisa menjinakkannya Aksesori satu ini bukan hanya bisa mengontrol rambut tebal tapi juga menciptakan titik perhatian yang manis.

Pilihlah karet hias elastis yang lebar. Kalau karet lebar sukar ditarik-tarik, gunakan karet yang lebih tipis dan lapisi dengan karet yang lebih tebal di sekelilingnya Ketika rambut masih setengah kering tariklah dengan kencang ke bawah dan ikatkan karet hias di bagian leher. Memasang karet ketika rambut masih basah jauh lebih mudah.

Kalau Anda sedang tidak mengeramas rambut sehingga rambut Anda sudah telanjur kering, gunakan krim rambut untuk mendapatkan efek basah dan memudahkan Anda mengikat rambut. Ikatkan karat dengan kencang tapi tidak terlalu ketat. Aturlah agar hiasan karet terletak di tengah kunciran.

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>