Published On: Fri, Feb 10th, 2017

6 Hal yang Harus Dilakukan Setelah Membeli Kamera Mirrorless Sony Baru

wartawan foto

Kamera mirrorless merupakan sebuah produk yang diciptakan guna memberikan alternatif yang sifatnya jauh lebih praktis dibandingkan kamera DSLR. Di titik ini, kamera mirrorless Sony menjadi sebuah pilihan bagus dibandingkan dengan merk kamera lainnya. Merk Sony dikenal sebagai satu yang kerap merilis produk kamera dengan sensor yang mampu menghasilkan gambar lebih tajam dibandingkan merk lainnya. Rupanya karena alasan inilah merk tersebut cenderung lebih digemari dibandingkan lainnya. Dengan kata lain, merk seperti Sony menjadi salah satu pilihan menarik yang bisa diambil, meski harga kamera mirrorless Sony agak lebih mahal dibandingkan yang lain.

Tentu saja ada banyak tempat jual kamera mirrorless Sony, dan Anda bisa menemukannya dengan mudah. Akan tetapi beberapa orang mungkin akan bertanya, apa yang harus dilakukan ketika kamera mirrorless baru sudah berada di tangan?

Berikut beberapa hal yang harus dilakukan setelah Anda membeli sebuah kamera mirrorless Sony:

  • Segera masukkan kartu memori

Setelah mengeluarkan kamera mirrorless dari dalam kardusnya, segera masukkan kartu memori ke dalam slotnya supaya ia bisa bekerja serasi dengan manajemen file yang bekerja di kamera. Lakukan format untuk kartu memori, dan Anda siap menggunakannya.

  • Menentukan kualitas dan ukuran gambar

Kamera mirrorless Sony sudah siap digunakan, dan sebaiknya Anda memanfaatkannya dengan cara semaksimal mungkin guna menghasilkan foto dengan kualitas terbaik. Gunakan format JPEG dengan kualitas paling tinggi (highest quality atau extra fine) dan ukuran foto paling besar. Namun Anda bisa memilih format RAW bila ingin menyimpan foto dengan informasi yang jauh lebih banyak.

  • Menyetel ISO dengan tepat

Pada dasarnya, ISO adalah cara untuk menentukan seberapa banyak cahaya yang masuk ke dalam kamera, dan bagaimana jumlah tersebut digunakan untuk memproduksi foto. Angka ISO yang terlalu tinggi akan menghasilkan foto yang kotor, alias terlalu banyak noise/bintik di atas bidang gambar. Semakin tinggi angka ISO, maka semakin banyak cahaya yang ditangkap.

  • Menentukan settingan white balance yang tepat

Untuk awal mula, gunakan setelan auto white balance sebelum akhirnya menggunakan setelan white balance lain, ketika mulai terbiasa dengan kamera mirrorless Sony yang sudah dibeli.

  • Menggunakan metering

Metering merupakan cara yang bakal menentukan bagaimana kamera akan mengukur cahaya yang berasal dari objek, dan bagaimana cahaya tersebut dihasilkan. Bila jam terbang telah bertambah, maka mulai gunakan mode metering yang sesuai dengan kondisi lingkungan tempat foto diambil maupun objek yang akan difoto. Beberapa mode metering yang bisa dipilih termasuk spot, center weighted, dan lain sebagainya.

 

  • Menentukan fokus

Kamera mirrorless membantu mencari fokus secara otomatis, sehingga Anda tidak perlu repot-repot memanfaatkan sistem fokus manual yang biasanya dilakukan dengan cara memutar cincin fokus di bagian lensa kamera mirrorless Sony. Bila belum terbiasa, gunakan sistem AF (Auto Focus) bersama dengan mode Single AF (Single Area AF dan One Shot AF).

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>