Published On: Fri, Dec 9th, 2016

9 Manfaat Minyak Kelapa Sawit Dalam Segala Bidang

kelapa-sawit-hutan

Ada banyak yang jual bibit kelapa sawit di internet. Mungkin anda penasaran, apa sih manfaatnya. Minyak kelapa sawit adalah salah satu minyak nabati yang berasal dari olahan kelapa sawit. Minyak kelapa sawit memiliki warna orange kemerahan, hal ini karena kandungan karoten yang tinggi. Minyak kelapa ini memiliki banyak manfaat bagi kehidupan sehari-hari, diantaranya:

  1. Menjaga kesehatan sistem kardiovaskular

Minyak kelapa memiliki manfaat dalam menjaga kesehatan jantung. Hal ini karena kandungang HDL (High-Density Lipoprotein) yang dimilikinya mampu memberikan keseimbangan jumlah LDL (Low-Density Lipoprotein) sehingga dapat menetralisir efek buruk yang diberikan LDL. Low-Density Lipoprotein lebih dikenal dengan kolesterol jahat yang dapat memberikan efek buruk terhadap organ kardiovaskular terutama jantung.

  1. Mencegah terjadinya kanker

Kandungan vitamin A dan vitamin E yang terdapat pada minyak kelapa sawit terbukti mampu  mencegah terjadinya berbagai penyakit kanker seperti kanker payudara, kanker lambung, kanker usus besar, kanker pancreas, dan kanker hati.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan antioksidan yang terkandung di dalam minyak kelapa sawit bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini akan mampu melindungi tubuh dari berbagai infeksi dan mencegah berkembangnya berbagai penyakit kronis. Selain itu minyak kelapa sawit juga kaya akan kandungan vitamin A, E, D, dan K yang membantu meningkatkan metabolism dalam tubuh.

  1. Menjaga kesehatan mata

Kekurangan vitamin A merupakan faktor utama terjadinya gangguan pada mata. Dengan mengonsumi minyak kelapa sawit yang memiliki kandungan beta karoten dan antioksidan tinggi ini, maka kesehatan mata Anda akan terjaga dan terhindar dari penyakit katarak. Beta karoten pada kanndungan minyak kelapa sawit ini merupakan prebiotik vitamin A, sehingga mampu membantu mencukupi kebutuhan akan vitamin A.

  1. Menjaga kesehatan mental

Antioksidan juga merupakan senyawa yang penting untuk menjaga kesehatan mental. Ia melindungi syaraf-syaraf dalam tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain itu, kandungan antioksidan dalam minyak kelapa sawit ini membantu meningkatkan aliran darah ke syaraf sehingga mengurangi risiko terkena penyakit Alzheimer dan juga meningkat fungsi kognitif. Minyak kelapa juga dapat mencegah demensia dan gangguan syaraf lainnya.

  1. Detoksifikasi hati

Antioksidan yang dimiliki minyak kelapa sawit dapat meningkatkan fungsi hati dan mencegah pengendapan partikel dalam hati dan pancreas.

  1. Meningkatkan kecantikan kulit dan rambut

Kandungan nutrisi dalam minyak kelapa sawit dapat membantu meningkatkan kecantikan pada kulit dan rambut. Minyak kelapa biasanya digunakan sebagai bahan untuk membuat produk kecantikan seperti lotion maupun minyak rambut. Kandungan asam lemak esensial dalam minyak kelapa akan membuat tekstur kulit lebih kenyal dan rambut menjadi lebih kuat. Selain itu, kandungan karoten dan tokoferol dapat melindungi kulit dan rambut dari radiasi sinar matahari.

  1. Sebagai bahan pembuatan kosmetik

Seperti yang disebutkan sebelumnya, miyak kelapa biasanya digunakan sebagai campuran pembuatan kosmetik, seperti lotion, minyak rambut, lipstik, sabun mandi, dan sebagainya.

  1. Sebagai bahan makanan

Selain diolah sebagai minyak goreng, dan mentega, minyak kelapa sawit juga digunakan sebagai bahan pembuatan makanan, salah satunya yaitu es krim. Saat Anda melihat pada bagian ingredient di kemasan, Anda akan melihat salah satu komposisi dari es krim adalah minyak nabati. Minyak nabati di sini salah satunya dibuat dari bahan minyak kelapa sawit.

Itulah beberapa manfaat utama kelapa sawit. Dari segi ekonomi dan lainya sangat menjanjikan. Tentu anda mungkin ingin coba menanamnya, kalau iya. Anda bisa mengunjungi situs yang jual bibit kelapa sawit seperti sawitmarihat.com. Selamat menanam!

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>