Published On: Sat, Dec 16th, 2017

Cara Membuat Sambal Dabu Dabu dengan Ekstrak Buah

Buah – buahan yang dicampur sambal selalu memberikan sensasi asam manis yang tiada tara lezatnya. Karena itu, banyak orang mencari resep sambal dengan bahan buah sebagai pelengkapnya. Berikut ini adalah aneka cara membuat sambal dabu dabu dengan ekstrak buah yang patut dicoba.

Sambal Dabu Dabu Lemong Manado

Seperti namanya, bahan untuk membuat sambal dabu dabu lemong Manado terdiri dari 12 buah cabai rawit hijau dan merah, 5 buah tomat, 5 siung bawang merah, 1 buah jeruk nipis atau setengah buah jeruk lemon, 1 sendok makan minyak goreng dan garam sesuai selera. Cara membuatnya cukup mudah. Potong pipih cabai rawit, tomat, serta bawang merah. Setelah itu, semua bahan yang dicincang tadi diaduk dan ditambah jeruk lemon.

Jika sudah tercampur rata, cara membuat sambal dabu dabu lemong Manado ini tinggal dieksekusi dengan menambahkan garam. Tambahkan minyak dan kalau bisa sisa dari menggoreng ikan supaya rasanya lebih sedap. Setelah itu, sajikan dengan ikan bakar atau rica – rica lainnya.

Sambal Dabu Dabu Ikan Tuna Nanas

Bahan yang diperlukan untuk membuat sambal dabu dabu ini adalah 1 kilogram ikan tuna segar yang sudah dipotong dan tersisa dagingnya saja, 1 buah nanas madu dicincang dadu, 10 siung bawang merah, 4 siung bawang putih, dan 5 buah tomat setengah matang. Agar rasa sambal lebih unik bisa menggunakan 100 gram cabai rawit atau cabai keriting supaya lebih menggigit sesuai ketersediaan dan selera.

Jika semua bahan sudah terkumpul, maka iris halus semua bumbu dan goreng ikan. Sambil menunggu ikan matang, tumis semua bumbu yang telah diiris tipis ditambah nanas juga. Gunakan api sedang dan aduk hingga tercium aroma wangi yang khas. Setelah itu, ikan yang sudh matang dan masih berminyak dicampur dalam tumisan sampai bumbu meresap.

Gunakan api kecil untuk proses penumisan supaya bumbu lebih banyak yang masuk ke dalam daging ikan. Jadi, cara membuat sambal dabu dabu ini memang sangat mudah. Rasanya pun lebih pedas dan ada sensasi rasa ikan serta nanas yang asam.

Selesai sudah membuat sambal dabu dabu. Cukup mudah bukan? Anda bisa menyajikannya dengan berbagai makanan seperti ayam bakar, ataupun goreng maupun dengan lauk pauk lainnya. Pasalnya selain rasanya yang enak, juga dengan sambal ini nafsu makan Anda akan bertambah loh.

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>