Published On: Sun, Dec 18th, 2016

Cara Mencegah dan Mengatasi Jamur Kulit Membandel

jamur-kulitJamur kulit? Wah jangan sampai, nih. Secara negara kita termasuk negara tropis, akibatnya suhu udara panas dan lembab menguntungkan bagi pertumbuhan jamur dan parasit. Kalau tidak pintar menjaga kebersihan badan, kita akan mudah terserang penyakit jamur, khususnya jamur kulit.

Jamur Kulit Tumbuh

Jamur kulit tumbuh di bagian kulit lembab dan tersembunyi, kayak selangkangan, ketiak, di sela jemari kaki, lipatan kulit lembab, lipatan daun telinga dan kuku jari tangan maupun kaki. Bagian kulit di daerah itu lembab, sering tidak kering banget apalagi saat kita habis mandi. Dan jamur bisa menyebar dari mana saja seperti kamar mandi, salon, mobil, helm dan tempat lainnya.

Baca juga : Pentingnya Menyajikan Menu Sehat Untuk Anak

Tanda atau Gejala Jamur Kulit

Tahu tidak, sepintas gejala yang ditunjukkan penyakit jamur sama, yaitu kulit kemerahan, bersisik, terjadi penebalan dan disertai rasa gatal, Penyakit jamur tidak hanya disebabkan oleh satu jenis jamur saja. Bila diteliti setiap jenis jamur menimbulkan gejala berbeda dan menyerang kulit pada area tubuh yang beda juga, Kulit berjamur terasa gatal sekali, terutama saat berkeringat, karena jamur menjadi aktif berkembang biak dalam keadaan basah atau lembab.

Bisa Menular, Loh!

Beware! Semua penyakit jamur menular. Penularannya berpindah bisa lewat persinggungan kulit, udara dan bisa lewat alat apa pun yang tidak steril. Jamur di kulit pipi, tertular akibat bantal bekas pengidap jamur di pipi. Jamur di leher, dada atau perut bisa tertular akibat pakaian bekas atau handuk pengidapnya. Jamur di tangan kemungkinan tertular lewat bersalaman.

Jari tangan yang sehabis menggaruk kulit berjamur bisa memindahkan jamur ke kulit sehat lainnya.

Baca juga : Tidur Nyenyak dan Pulas, Apa Rahasianya?

Mencegah Jamur Kulit

Berikut ini beberapa tindakan untuk mencegah jamur kulit menempel dan berkembang biak di tubuh.

  • Ganti pakaian dalam Anda secara reguler, minimal ganti dua kali dalam satu hari.
  • Menjaga kesehatan kulit dengan cara menghindari bertukar handuk, baju atau sisir dengan orang lain.
  • Mandi dua kali sehari, dan cara pengeringannya harus sempuma, hingga sampai di lipatan-lipatan tubuh. Kaki bau adalah awal dari jamur di kaki, kaus kaki maksimal dipakai hanya dalam waktu 8 jam, setelah itu ganti.

Mengatasi Jamur Kulit

Sebenarnya sih, penyakit jamur itu kalau diobati bisa mereda, tapi kambuh lagi, begitu terus dan berulang-ulang, Penyebabnya, karena jamur tidak diobati sampai tuntas dan Anda salah memilih obat anti jamur. Kemungkinan lain, jenis jamurnya tidak mempan dengan obat anti jamur biasa. Kalau sudah seperti ini sebaiknya diperiksa ke dokter kulit.

Nah, selama pengobatan, nih, sebaiknya Anda tidak berkontak langsung dengan bahan atau zat kimiawi yang bersifat iritatif terhadap kulit, seperti sabun cuci, deterjen, obat gosok, minyak wangi, krim obat dan apa pun zat yang dioleskan di kulit.

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>