Published On: Sun, Jul 30th, 2017

Cara Tepat Memilih Susu Pertumbuhan Anak 3 Tahun

phpro-3

Di luar sana, ada banyak jenis susu pertumbuhan anak 3 tahun. Kita bisa mengetahuinya dari kemasan yang ada pada susu formula tersebut. Biasanya disana secara jelas akan kita temukan susu tersebut untuk usia berapa. Nah, khusus untuk anak usia tiga tahun, sangat ideal bila kita berikan susu. Sebab susu akan menunjang pertumbuhan dan menguatkan tulang anak.

Usia tiga tahun juga bukan lagi usia di mana anak mendapatkan asi secara ekslusif. Meski masih banyak ibu-ibu yang sadar akan pentingnya pemberian ASI terhadap anak hingga usia 2 tahun. Setelah usia 2 tahun anak akan dibiasakan untuk lepas dari ASI. Hal tersebut membuat anda sebagai orang tua harus menyiasati agar buah hati anda tetap mendapatkan nutrisi sebagaimana mestinya. Susu formula menjadi pilihan terbaik bagi sebagian besar orangtua. Akan tetapi, anda harus mempertimbangkan beberapa hal dalam memiih susu formula untuk buah hati tercinta.

Cara Memilih Susu Formula Usia Tiga Tahun

Kalau kamu juga adalah seorang ibu yang sedang punya anak usia tiga tahun atau kurang, kamu bisa mengikuti lengkah berikut untuk mendapatkan susu yang tepat:

  • Komposisi

Pada dasarnya, WHO sudah menetapkan standar susu formula yang baik untuk dikonsumsi anak-anak. Dalam mencarikan susu formula bagi buah hati anda pastikan susu tersebut mengandung komposisi yang sesuai dengan kebutuhan energi anak anda. Beberapa hal diantaranya ialah: protein, lemak, vitamin, dan mineral. Pastikan pula mengandung asam folat, AA, dan DHA yang berfungsi untuk membantu pertumbuhan otak anak.

  • Sesuaikan dengan kondisi anak

Sebelum memberikan susu formula untuk anak, tes terlebih dahulu bagaimana reaksi tubuh sang anak dalam menerima asupan susu tersebut. Berikan susu formula secara bertahap. Jika tidak ada penolakan dari tubuh anak seperti: mual, muntah, pusing atau gangguan pencernaan, pemberian susu formula dapat dilanjutkan.

Ada beberapa anak yang alergi pada protein susu sapi, sebagai orang tua anda harus teliti dan hati-hati memilihkan susu formula untuk anak anda. Anda bisa memilih susu kedelai untuk anak anda yang alergi protein susu sapi, atau anda bisa memilih susu bebas laktosa untuk anak anda yang mempunyai gangguan fungsi enzim pencerna laktosa. Adapula susu khusus yang biasanya diberikan berdasarkan resep khusus dari dokter.

  • Sesuaikan dengan selera anak

Sekarang ini, rasa yang ditawarkan oleh berbagai produk susu formula sudah sangat beragam. Tak melulu monoton pada vanilla dan coklat. Anda bisa memilih rasa sesuai dengan selera anak anda. hal ini sangat penting untuk dipertimbangkan, karena dengan menyukai rasa pada susu anak-anak akan semangat dan senang untuk minum susu. Jadi sebagai orangtua anda tak perlu risau perihal anak yang tak suka minum susu.

Tiga tips diatas harus anda perhatikan dalam memilih susu pertumbuhan anak 3 tahun. Akan tetapi, sebagus apapun kualitas susu formula, ASI adalah asupan gizi terbaik untuk buah hati. Jadi, bagi anda para ibu diharapkan tetap memberikan ASI sampai usia buah hati 2 tahun. Juga jangan pernah percaya bila ada susu formula yang menawarkan sebagai ganti Asi, lebih baik anda percaya pada susu formula yang mendukung pemberian Asi sampai usia tertentu seperti Nestle. Dimana ia tidak memposisikan diri sebagai pengganti Asi, tapi hanya sebatas makanan pendamping.

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>