Published On: Sun, Sep 16th, 2018

Hal Yang Tidak Boleh di Lakukan Selama Masa Kehamilan

Seorang suami mana sih di dunia ini yang tidak senang, saat mendengar kabar bahwa istrinya sedang hamil? Ya, sudah menjadi rahasia umum, bahwa kehamilan itu adalah sebuah kondisi yang selalu dinanti-nanti oleh setiap pasangan suami istri. Dikutip dari website SGM, ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan oleh ibu hamil, dan ada juga beberapa hal yang harus dilakukan ibu hamil selama masa kehamilannya. Hal-hal apa sajakah itu? Tanpa banyak panjang lebar lagi, mari kita simak saja langsung penjelasannya dibawah ini.

Hal-hal Yang Tidak Boleh Dilakukan :

  1. Mengonsumsi Makanan-makanan Pedas Secara Berlebihan

Hal pertama yang tidak boleh dilakukan oleh ibu hamil selama masa kehamilannya, yakni mengonsumsi makanan-makanan pedas secara berlebihan. Ya, selain dapat memicu mules-mules, makanan-makanan yang pedas ini juga dapat mengganggu perkembangan janin lho. Maka dari itu, kurangilah porsi dari makanan-makanan pedas ini. Tapi akan jauh lebih baik lagi, jika anda libur dulu dari makanan-makanan pedas tersebut selama masa kehamilan.

  1. Melakukan Aktifitas-aktifitas Yang Berlebihan

Selain mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan, aktifitas-aktifitas yang berlebihan juga sangat tidak disarankan bagi wanita yang sedang dalam keadaan hamil. Soalnya, aktifitas yang berlebihan ini sangat rawan terjadinya kecelakaan bagi ibu maupun bayi yang ada didalam kandungannya.

  1. Konsumsi Minuman Alkohol

Hal berikutnya yang sangat terlarang bagi ibu hamil selama masa kehamilannya, yakni mengonsumsi minuman beralkohol. Ya, seperti yang kita ketahui, bahwa jenis minuman yang satu ini memang sangat tidak bersahabat bagi kesehatan tubuh manusia, terlebih bagi ibu hamil. Oleh karena itu, segera buang jauh-jauh kebiasaan buruk yang satu ini. Selain itu, anda juga juga harus membuang jauh-jauh kebiasaan buruk merokok.

Nah, itulah beberapa hal yang tidak boleh dilakukan oleh ibu hamil selama masa kehamilannya. Terlepas dari itu, berikut di bawah ini ada beberapa hal yang haris dilakukan oleh ibu hamil selama masa kehamilannya :

  1. Memenuhi Kebutuhan Asupan Nutrisi

Dengan selalu memenuhi kebutuhan asupan nutrisi selama masa kehamilan, maka hal ini akan dapat membantu pertumbuhan janin dengan maksimal. Ada berbagai beberapa jenis makanan yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi bagi ibu hamil seperti brokoli, bayam, telur rebus, daging merah, dan jenis umbi-umbian.

  1. Selalu Berkonsultasi Dengan Dokter Kehamilan

Dengan selalu berkonsultasi pada dokter kehamilan, maka anda pun dapat mengetahui waktu-waktu terdekat persalinan.

  1. Mencukupi Waktu Istirahat

Dalam hal ini, para dokter kehamilan menyarankan agar para wanita hamil untuk mencukupi waktu istirahatnya. Terlebih untuk istirahat tidur, dimana anda harus tidur selama 6 sampai  8 jam per harinya.

  1. Mengikuti Senam Kehamilan Secara Rutin

Hal berikutnya yang harus dilakukan oleh ibu hamil selama masa kehamilannya, yakni mengikuti senam kehamilan secara rutin dan teratur. Memang benar bahwa anda diharuskan untuk memperbanyak waktu istirahat selama masa kehamilan. Namun, bukan berarti juga bahwa anda harus berbaring diatas ranjang seharian penuh. Ya, selama masa kehamilan, ada baiknya jika anda mengikuti senam kehamilan secara rutin dan teratur.

  1. Selalu Mencari Informasi-informasi Terbaru Seputar Tips-tips Kehamilan

Ya, dengan selalu mencari informasi-infromasi terbaru seputar tips kehamilan, maka anda pun dapat mengetahui mana yang terbaik bagi kehamilan anda, dan mana yang tidak baik bagi kehamilan anda.

Itulah hal-hal yang boleh dilakukan oleh ibu hamil, dan hal-hal yang tidak boleh dilakukan ibu hamil selama masa kehamilannya.

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>