Published On: Thu, Aug 18th, 2016

Hasil Survei Kebutuhan Jasa dan Pencarian Populer Freelancer

freelancer indonesia

Freelancer Indonesia – Respon dari masyarakat Indonesia terhadap freelancing cenderung menarik. Banyak dari mereka menyatakan bahwa profesi ini adalah solusi dari masalah keuangan yang mereka hadapi. Untuk mengetahui seberapa tinggi minat masyarakat Indonesia pada freelancing , sebuah survei dibuat dan diketahui presentase kebutuhan jasa freelance dan pekerjaan apa yang paling populer dicari oleh freelancer Indonesia.

Kali ini, kami meringkas tingkat kebutuhan jasa dan pekerjaan populer bagi freelancer Indonesia melalui hasil survei yang diadakan Sribulancer di tahun 2015.

Kebutuhan Perusahaan Akan Jasa Freelacer

Keberadaan freelancer Indonesia masa kini bisa dikatakan cukup penting untuk mengisi beberapa posisi pekerjaan yang memang membutuhkan keahlian tertentu namun tidak memiliki ikatan waktu yang pasti. Selain itu, freelancer adalah solusi bagi perusahaan yang membutuhkan jasa keahlian yang tidak dimiliki pekerja internal tetap.

Survei yang diadakan Sribulancer tanggal 25 Mei-29 Juni 2015 membuktikan bahwa responden tergolong memiliki perusahaan kecil, dimana karyawan tetapnya hanya berjumlah 5-7 orang. Sebanyak 50% lebih dari responden ini menyatakan bahwa freelancer adalah bagian terpenting yang harus ada melengkapi staff tetap internal perusahaan.

Hasil survei kebutuhan jasa freelancer Indonesia tergolong tinggi, yakni sebanyak 80%. Dari 80% responden inilah, mereka menyebutkan bahwa kebutuhan jasa freelance bisa mencapai 3 kali sebulan. Dan yang lebih menarik, ada sekitar 9% responden menyatakan bahwa mereka bahkan menggunakan jasa freelance sampai 10 kali sebulan. Ini jelas mengindikasikan bahwa kebutuhan jasa freelance sangat tinggi, dan kemungkinan akan naik secara signifikan setiap tahunnya.

Para responden rata-rata dikategorikan sebagai pelaku yang minim keahlian atau memiliki keahlian namun memiliki jumlah permintaan jasa yang melonjak tinggi. Sehingga hal ini bisa dimanfaatkan freelancer Indonesia untuk menawarkan jasa personal atau timnya pada responden. Sribulancer menyebutkan bahwa responden sudah menyadari keuntungan berlipat dengan melakukan ekspansi usaha secara online, namun mereka tidak mempunyai keahlian di sisi teknologi informasi.

Alasan responden mencari jasa freelance di situs marketplace online pun menjadi sorotan tersendiri. Sebagian besar mengatakan bahwa situs marketplace online seperti Sribulancer memberikan fasilitas tepat bagi responden untuk hiring freelancer sesuai dengan kategori dan posisi pekerjaan yang mereka butuhkan.

Pencarian Populer Freelancer Indonesia

Tidak hanya menyoroti seberapa besar kebutuhan jasa freelance pada perusahaan yang melakukan ekspansi usaha secara online, Sribulancer  juga memamparkan presentase pekerjaan favorit dan populer yang sering dicari para freelancer Indonesia.

Di peringkat pertama, 50% freelancer memilih untuk menjadi Programmer/coding Freelance, Web Programmer Freelance, Web dan Android Developer Freelance. Kemudian disusul 24% yang memilih menjadi freelancer dibidang Desain dan Multimedia, seperti Animator Freelance, Layout dan Templating, dan Illustrator Freelance.

Sebanyak 13% freelancer memilih jasa penulisan seperti Content-Writer, Blogger, dan Seo Optimizer. Dan sisa 10% memilih untuk menjadi freelancer marketing, contohnya Property Marketing Freelance.

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>