Published On: Sun, Sep 17th, 2017

Ini Dia Manfaat Asuransi Untuk Anda

Apapun jenis asuransi yang kita ikuti, Asuransi selalu menyimpan manfaat besar untuk kehidupan kita. Karena memang tujuan diadakanya asuransi adalah untuk mengalihkan resiko yang bakal kita tanggung atau yang suatu saat bisa terjadi ke pihak penanggung dengan membayar sejumlah premis sesuai dengan kesepakatan, dan kita akan mendapatkan sejumlah ganti rugi dari penangung bila kita mengalami resiko yang telah kita asuransikan. Dengan kenyataan demikian, asuransi menjadi salah satu kegiatan dalam bidang keuangan yang terus mengalami peningkatan minat dari tahun ke tahun.

Dilihat dari jenisnya, asuransi ada banyak sekali. Ada yang membedakan berdasarkan barang yang di asuransikan, ada yang membedakan berdasarkan sistem asuransi yang ditetapkan. Berdasarkan barang yang diasuransikan, asuransi bisa saja dibedakan atas, asuransi kesehatan, berarti kesehatan kita lah yang kita asuransikan, asuransi pendidikan, asuransi mobil, dan lain-lain. Lalu berdasarkan sistem asuransinya, kita mengenal asuransi konvensional dan asuransi syariah. Asuransi konvensional lebih mengacu pada sistem asuaransi modern dari barat, sementara asuransi syariah lebih condong menggunakan sistem dari syariah agama islam.

Manfaat Asuransi

Nah, apapun jenis asuransi yang kita ikuti dan dengan menggunakan sistem seperti apapun, asuransi selalu memiliki manfaat yang sama secara umum. Diantaranya:

  1. Terhindar dari Resiko

Manfaat pertama yang bakal kita dapatkan bila kita mengikuti asuransi adalah sama dengan tujuan diadakanya asuransi itu sendiri. Seperti penjelasan di awal, bahwa asuransi memiliki tujuan untuk mengalihkan resiko. Itu artinya, apa yang akan menjadi resiko kita dimasa depan, akan ditanggung oleh orang lain yang menerima asuransi kita. apa sih itu resiko? Resiko adalah hal butuk yang bisa saja terjadi pada sesuatu. Misalnya saja kita mengasuransikan mobil, itu artinya bila suatu saat mobil kita megalami masalah, entah kecelakaan atau hilang, bakal ada pihak penanggung yang siap menerima resiko yang kita terima. Tentu saja berdasarkan kesepakatan. Contoh lain, misalnya saja kita mikut asuransi kesehatan, secara otomatis, bila kita terkena musibah sakit dan harus di rawat ke rumah sakit, sudah ada biaya yang disiapkan oleh pihak penerima suransi.

  1. Lebih Tenang Menghadapi Masa Depan

Kita tentu percaya bahwa kita tidak bisa mengetahui apa yang akan terjadi esok, lusa, minggu depan dan seterusnya. Bahkan apa yang terjadi pada dua menit kedepan saja, kita tidak akan pernah mengetahuinya sebelum kita mengalaminya. Asuransi siap memberikan jaminan, bahwa masa depan yang tidak tentu itu dijamin biar tetap berjalan dengan baik. Kita bisa saja mengalami resiko sakit, tidak ada biaya sekolah untuk anak dan lain sebagainya. tapi ketika kita sudah ikut asuransi, segala resiko itu sudah ada yang menanggung. Jadi kita bisa menjalani hidup dengan lebih tenang. Kita akan jauh lebih siap dalam menghadapi masa depan berkat hadirnya asuransi.

  1. Jaminan Masa Depan

Salah satu jenis asuransi yang seharusnya diikuti oleh setiap orang yang memiliki anak adalah asuransi pendidikan. Asuransi pendidikan memberikan jaminan masa depan yang lebih baik. Kita tidak pernah tahu berapa biaya untuk pendidikan lima tahun ke depan. Kita juga tidak tahu, apakah lima tahun ke depan kita masih bisa membiaya sekolah anak kita atau tidak. Makanya lebih baik mengikuti asuransi. Setidaknya dengan ikut asuransi, kita lebih bisa menjamin amsa depan kita, anak kita dan keluarga kita.

Masih ada banyak lagi manfaat asuransi. Misalnya ia merupakan perencanaan perekonomoan yang baik, memberikan manfaat finansial dan lain sebagainya.

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>