Published On: Wed, Dec 21st, 2016

Inilah 8 Cara Memilih Raket Bulutangkis Yang Baik Dan Benar

natsir2Bulutangkis merupakan salah satu olahraga populer di Indonesia dan nama Indonesia di kancah dunia perbulutangkisan internasional tidak bisa dipandang sebelah mata karena beberapa nama pemain bulutangkis kaliber dunia berasal dari Indonesia. Pantas kalau pemerintah memiliki perhatian lebih terhadap jenis olahraga yang satu ini. Berbagai upaya dilakukan pemerintah untuk memasyarakatkan bulutangkis dengan seringnya menggelar berbagai event ditambah lagi didirikannya sekolah khusus bulutangkis beserta iming-iming beasiswa bagi masyarakat yang ingin menggelutinya. Badminton atau yang di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan bulutangkis adalah jenis olahraga permainan yang menggunakan raket dan kok sebagai alat utamanya. Namun, tahukah Anda kalau menggunakan raket untuk bermain bulutangkis itu tidak boleh sembarangan. Lantas, bagaimana cara memilih raket bulutangkis yang baik dan benar?

Mengetahui cara memilih raket bulutangkis yang baik dan benar adalah sangat penting. Hal ini terjadi agar Anda bisa bermain maksimal, baik saat sesi latihan maupun saat mengikuti sebuah pertandingan. Dengan pilihan raket bulutangkis yang baik tentu saja Anda akan nyaman menggunakannya dan semangat dalam bermain. Saat Anda akan memilih raket bulutangkis, coba perhatikan dengan teliti hal-hal berikut.

Berat Raket

Terdapat beberapa ukuran raket yang biasanya diberi tanda memakai kode U, yakni U (95-99 gr), 2U (90-94 gr), 3U (85-89 gr), 4U (80-84 gr), dan 5U (75-79 gr). Dengan demikian, semakin tinggi nilai U-nya, maka semakin ringanlah raket tersebut. Melalui penomoran berat raket tersebut Anda bisa menyesuaikan dengan kekuatan tangan Anda.

Titik Keseimbangan Raket

Untuk mengetahuinya coba letakkan batang raket di tangan Anda dengan jari telunjuk dalam posisi menghadap ke atas. Sedikit demi sedikit geserlah batang raket tersebut hingga berakhir dalam keadaan seimbang. Raket tersebut tergolong jenis power jika jari telunjuk lebih dekat pada frame. Dan tergolong raket jenis control jika jari telunjuk lebih dekat pada pegangan raket.

Kelenturan Batang Raket

Untuk mengetahui lentur atau tidaknya adalah dengang secara pelan-pelan membengkokan kepala raket dan pegangannya. Jika batang raket itu lentur, maka akan memantulkan kok dengan baik saat memainkannya. Demikian sebaliknya.

Bentuk Kepala Raket/Frame

Ada dua jenis frame, yaitu frame konvensional yang berbentuk oval dan frame isometric yang berbentuk cenderung persegi.

Bahan Raket

Pilihlah raket dari bahan yang berkualitas tinggi, misalnya dari serat karbon.

Diameter Handgrip (Gagang Raket)

Sesuaikanlah dengan ukuran tangan Anda sendiri saat memilih raket. Pegangan tangan Anda pada gagang raket yang terasa nyamanlah yang Anda pilih. Jika Anda mencari jual grip raket badminton terlengkap Anda bisa mengunjungi blibli.com

Merk Raket

Ada banyak merk atau brand raket yang beredar di pasaran, namun yang direkomendasikan adalah Gosen, Pro-Ace, Yobnex, Astec dan Apacs.

Gaya Permainan

Selain dengan beberapa hal tersebut di atas cara memilih raket bulutangkis yang baik dan benar adalah mengetahui gaya permainan Anda nanti. Apakah Anda ini akan memiliki gaya permainan menyerang, bertahan atau kombinasi keduanya.

 

 

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>