Published On: Mon, Aug 20th, 2018

Inilah Ciri-ciri Rumah Subsidi yang Perlu Anda Ketahui

Memiliki kondisi ekonomi yang pas-pasan tidaklah menjadi halangan untuk memiliki sebuah hunian. Pasalnya saat ini Pemerintah turut membantu masyarakat ekonomi menengah ke bawah lewat bantuan kredit rumah subsidi. Rumah subsidi memang bukan hal baru di kalangan masyarakat. Rumah yang bisa dibeli dengan harga yang murah ini, bisa dicicil dengan suku bunga rendah karena sudah di subsidi dari Pemerintah. Menariknya lagi suku bunga flat hingga angsuran lunas nantinya.

Membeli rumah murah memang tidak hanya lewat rumah subsidi dari Pemerintah. Karena tidak menampik banyak juga developer maupun situs jual beli rumah yang turut menawarkan properti yang mereka miliki untuk memenuhi kebutuhan tempat tinggal. Namun lagi-lagi jika Anda sedang tergolong memiliki ekonomi menengah ke bawah, rumah subsidi juga sudah layak sebagai rumah hunian. Rumah subsidi dalam pembangunannya merupakan kerjasama antara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpera) dengan developer yang sudah terpercaya. Para developer atau pengembang ini sudah terdaftar resmi dalam asosiasi pengembang, seperti APERSI dan REI. Sehingga kecil kemungkinan terjadi kenakalan dari pihak developer.

Mungkin bagi orang awam, belum begitu mengetahui perbedaan antara rumah subsidi dengan rumah pada umumnya. Untuk itu berikut ciri-ciri rumah subsidi yang perlu Anda ketahui.

  1. Memiliki harga jual yang murah dengan sebagian bunga kredit dijamin oleh Pemerintah. Sehingga angsuran flat selama masa kredit berlangsung.
  2. Rumah subsidi terdiri dari unit ruangan untuk kamar tidur, kamar mandi, dan ruang tamu.
  3. Pemerintah memberikan subsidi atau bantuan melalui suku bunga KPR bank sehingga lebih murah.
  4. Spesifikasi rumah mengikuti standar dari Pemerintah yang termasuk dalam kategori rumah layak huni.
  5. Jalanan perumahan umumnya berupa jalan tanah atau pengerasan.
  6. Tipe rumah 22/60, 29/60, 36/60.
  7. Luas tanah tidak lebih dari 60 meter persegi.
  8. Berlokasi di pinggiran kota (kawasan industri) atau di daerah yang belum berkembang dengan prospek jangka panjang 5-10 tahun baru terbentuk.

Rumah bersubsidi memang terbilang mungil untuk ditempati. Rumah ini sangat ideal untuk sebuah keluarga dengan satu anak saja. Rumah ini tentu cocok untuk masyarakat menengah ke bawah yang ingin memiliki hunian minimalis. Nah, untuk Anda yang memiliki rumah subsidi, pastikan Anda mendekor rumah dengan sebaik mungkin. Agar Anda beserta anggota keluarga lainnya merasa betah untuk berlama-lama di dalamnya. Untuk kiat khususnya, Anda bisa mengunjungi laman berikut ini https://www.btnproperti.co.id/blog/kiat-praktis-menata-rumah-subsidi-berukuran-mungil-1571.html.

 

 

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>