Published On: Thu, Feb 23rd, 2017

Mencari Rumah Murah di Jakarta? Simak Beberapa Tips Berikut Ini

Sejuk-dengan-Konsep-Modern-Simpel

Meskipun ada sejumlah masalah yang kerap dikeluhkan, seperti kemacetan, banjir, serta angka kriminalitas yang tinggi, memiliki tempat tinggal di Jakarta tetaplah menjadi pilihan banyak orang. Tinggal di Jakarta dinilai memiliki banyak keuntungan, mengingat kota ini merupakan pusat pemerintahan dan ekonomi Indonesia.

Masalahnya, semakin menipisnya persediaan lahan di Jakarta akan membuat harga properti di kota ini kian meroket setiap tahunnya. Di Jakarta, hunian yang terjangkau bagi kalangan pekerja yang bergaji di bawah Rp10 juta per bulan adalah hunian vertikal.

Mendapatkan rumah idaman di Jakarta dengan harga terjangkau merupakan tantangan yang cukup berat. Namun, jika mau berkeliling ke sudut-sudut kota Jakarta, ternyata masih ada beberapa kawasan yang menawarkan rumah bekas di bawah Rp500 juta.

Tips Mencari Rumah Murah di Jakarta

Meskipun susah, mencari rumah dengan harga murah di Jakarta bukanlah hal yang mustahil. Jika Anda cermat dan tahu caranya, bukan tidak mungkin Anda bisa mendapatkan rumah yang diidamkan. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda jadikan pertimbangan.

 

  • Pilih lokasi yang tepat

 

Pertimbangan pertama dalam mencari rumah di Jakarta adalah lokasi. Seperti yang Anda ketahui, DKI Jakarta terbagai menjadi beberapa wilayah, yaitu Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, serta Kepulauan Seribu.

Untuk investasi, Jakarta Pusat adalah pilihan yang tepat, karena kawasan ini merupakan pusat pemerintahan, ekonomi, bisnis, dan lain sebagainya. Namun, jika Anda mencari hunian yang murah, kawasan Jakarta Pusat kurang disarankan. Karena rumah di kawasan ini biasanya ditawarkan dengan harga yang sangat tinggi.

Anda sebaiknya mempertimbangkan daerah Rorotan Jakarta Utara dan Penggilingan Jakarta Timur. Kedua kawasan ini masih tergolong murah jika dibandingkan dengan kawasan lainnya di Jakarta.

 

  • Mencari lewat situs jual beli rumah

 

Agar memudahkan pencarian rumah idaman, Anda bisa memanfaatkan situs jual beli rumah untuk mendapatkan berbagai penawaran terkait rumah dijual di Jakarta. Dengan menggunakan situs jual beli rumah, Anda juga dapat menyaring pencarian berdasarkan lokasi, kisaran harga, sampai denah rumah yang Anda inginkan.

Tak hanya itu saja, selain menawarkan berbagai pilihan rumah, situs jual beli rumah semacam ini juga memiliki pilihan kategori properti lainnya yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan,seperti apartemen di Jakarta atau bahkan villa di Bandung.

 

  • Beli rumah tua dengan kondisi yang masih layak huni

 

Jika ingin mendapatkan rumah dengan harga rumah, membeli rumah yang sudah tua yang masih layak huni mungkin juga bisa Anda pertimbangkan.

Perlu diketahui, rumah tua di sini maksudnya bukanlah rumah kuno. Sebab, rumah kuno biasanya malah ditawarkan dengan harga yang lebih mahal, karena materialnya yang bagus dan nilai sejarah yang dimilikinya.

Rumah tua di sini maksudnya adalah rumah yang sudah lama tidak dihuni oleh pemiliknya. Karena kondisinya yang kurang bagus dan tidak terawat, rumah semacam ini biasanya dijual dengan harga di bawah pasaran. Bahkan, beberapa juga ada yang hanya menghitung harga tanahnya saja, tanpa menghitung harga bangunanya.

Jika berniat membeli rumah tua, usahakan Anda mencari rumah tua yang kondisinya tidak terlalu parah, sehingga hanya memerlukan sedikit renovasi.  

 

  • Beli rumah lelang

 

Rumah lelang adalah rumah yang disita oleh pihak bank dari debitur yang gagal melunasi pinjaman. Rumah yang sudah dilelang seperti ini bisa dipastikan harganya akan murah, karena bank membutuhkan dana segar agar perputaran uangnya tetap lancar.

Namun, sebelum membeli rumah lelang, sebaiknya Anda pahami terlebih dulu tata cara lelang dan bagaimana cara mendapatkan rumah lelang. Dengan demikian, Anda bisa menyiapkan syarat-syarat terkait pengalihan kepemilikan rumah dengan lancar.

Kawasan Termurah Hingga Termahal di Jakarta

Agar Anda tidak salah langkah dalam memilih lokasi rumah murah di Ibu Kota, berikut ini adalah daftar kawasan termurah hingga termahal untuk membeli hunian di Jakarta.

 

  • Jakarta Timur

 

Jakarta Timur merupakan kawasan yang paling terjangkau di Jakarta. Di kawasan ini, harga rata-rata propertinya sebesar Rp11,75 juta/m2.

Daerah yang paling murah adalah Penggilingan, dengan harga properti rata-rata sebesar Rp6,25 juta/m2. Sementara, daerah yang paling mahal berada di Kampung Makasar, yang rata-rata harga propertinya senilai Rp26 juta/m2.

 

  • Jakarta Barat

 

Urutan kedua kawasan termurah di Jakarta adalah Jakarta Barat, dengan rata-rata Rp16,62 juta/m2. Jika ingin mencari hunian murah di kawasan ini, Anda bisa memilih daerah Srangseng. Harga rata-rata per meter perseginya di daerah ini sebesar Rp8,85 juta.

Sedangkan, kawasan Mangga Besar menjadi daerah yang paling mahal di Jakarta Barat, dengan harga properti rata-rata mencapai Rp37,04/m2.

 

  • Jakarta Utara

 

Kawasa ketiga yang tercatat sebagai kawasan properti termurah di Jakarta adalah Jakarta Utara. Rata-rata harga properti di daerah ini per meter perseginya sebesar Rp20,73 juta.

Bahkan, daerah Rorotan di utara Jakarta menduduki peringkat pertama dengan harga properti paling murah dibandingkan daerah lainnya di Jakarta, yakni sebesar Rp5,54 juta/m2. Sementara, daerah Penjagalan menjadi yang paling mahal di Jakarta Utara, dengan rata-rata harga properti Rp37,04 juta/m2.

 

  • Jakarta Selatan

 

Harga properti rata-rata di Jakarta Selatan dibanderol senilai Rp23,84 juta/m2. Di daerah Lenteng Agung, Anda bisa memperoleh hunian dengan harga rata-rata Rp10,34 juta/m2.

Sementara, di daerah Panglima Polim, yang merupakan daerah termahal di Jakarta Selatan, harga properti rata-ratanya mencapai Rp57,14 juta/m2.

 

  • Jakarta Pusat

 

Kawasan Jakarta Pusat merupakan kawasan dengan harga properti termahal di Jakarta. Rata-rata harga properti di daerah ini dibanderol dengan harga Rp24,90 juta/m2.

Namun, menariknya, Anda masih bisa menemukan hunian dengan harga murah di daerah Gunung Sahari, yang rata-rata senilai Rp9 juta/m2. Sedangkan, kawasan elit Menteng memegang kawasan dengan harga properti paling mahal di Jakarta, yakni hingga Rp90 juta/m2.

Itulah beberapa tips mendapatkan rumah murah di Jakarta. Berburu rumah idaman dengan harga yang murah di Ibu Kota memang membutuhkan kesabaran.

Jangan sampai Anda menyesal karena terburu-buru memutuskan dengan pertimbangan yang kurang matang. Bisa jadi, setelah telanjur membeli rumah A, ternyata Anda menemukan rumah B dengan harga yang lebih terjangkau dan lebih cocok untuk Anda tempati bersama keluarga.

Selamat berburu rumah impian!

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>