Published On: Tue, Aug 29th, 2017

Menelusuri Keindahan Maumere, Tanah Pariwisata di Ujung Timur Nusa Tenggara

Dalam film “Ini Kisah Tiga Dara” besutan karya sutradara Nia Dinata, Maumere hadir sebagai latar belakang dari kisah cinta si tiga saudari. Dalam film tersebut, pemandangan teluk, pantai, sampai budaya masyarakat dikemas dalam bentuk sinematografi yang apik oleh Nia Dinata. Maumere sendiri dikenal sebagai kawasan yang mayoritas penduduknya merupakan pemeluk agama Nasrani, letaknya berada di pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Keindahan alamnya yang masih terjaga, begitu pula dengan tradisi dan budaya masyarakat setempat. Pantai-pantai di Maumere memiliki hamparan pasir putih yang bersanding indah dengan hamparan lautan luas, menjadikannya sebuah pemandangan alam yang begitu mengagumkan. Terlebih jika anda datang dan melihatnya secara langsung, untuk sampai di Maumere anda bisa mencari tiket pesawat promo yang banyak tersedia di situs booking online. Jika berangkat dari Denpasar, Bali hanya butuh waktu tempuh selama 2 jam saja. Selain pantai, Maumere juga memiliki beberapa destinasi wisata menarik yang sayang untuk dilewatkan begitu saja, berikut 5 tempat wisata di Maumere yang bisa anda kunjungi.

  • Museum Bikon Blewut

Museum Bikon Blewut sudah berdiri sejak tahun 1949, letaknya berada di daerah Ledalero, Kab. Sikka, dan dekat dengan lokasi Patung Bunda Maria di Bukit Nilo. Salah satu koleksi yang mengagumkan di dalam museum ini adalah, terdapatnya koleksi berupa fosil-fosil makhluk hidup dari ratusan ribu tahun yang lalu. Tempat yang tepat untuk Anda kunjungi bersama anak-anak, berwisata sambil belajar tentunya memiliki nilai lebih dan pengalaman tersendiri bukan?

  • Pantai Paga

Pantai Paga adalah salah satu sudut terindah di Maumere. Disini anda bisa menikmati keindahan hamparan pasir putih juga melihat kapal-kapal nelayan yang mengambang di atas lautan biru. Lokasi pantai ini mudah ditemukan karena berada di jalur yang menghubungkan Maumere dengan Ende. Selain berenang, di pantai ini juga anda bisa berburu kuliner, hingga membawa pulang ikan-ikan kering yang dijual oleh para nelayan setempat. Jika ingin bermalam disini, Anda bisa menginap di CAPA Resort Maumere. Fasilitasnya lengkap dan yang pasti,  anda bisa menikmati keindahan alam berupa laut dan perbukitan tanah Flores.

  • Bukit Tanjung Kajaluwu

Tempat ini lebih dikenal dengan sebutan bukit Salib. Sebutan tersebut diberikan karena terdapat patung salib berukuran raksasa yang dibuat diatasnya. Karena keindahan alam Kajaluwu, masyarakat setempat juga menjuluki kawasan ini sebagai Taman Eden, dan dalam momen tertentu, para umat Nasrani akan datang ke bukit Tanjung Kajaluwu untuk melakukan kegiatan kerohanian. Dari atas puncak bukit, anda bisa memandang keindahan alam di sekelilingnya, pesona pantai biru merupakan suguhan menakjubkan yang akan memanjakan mata Anda. Untuk sampai di Bukit Tanjung, anda harus menempuh perjalanan sejauh 15 km dengan waktu tempuh sekitar 2 jam, dari pusat Kota Maumere. Pemandangan di kawasan bukit ini semakin indah saat musim penghujan, di mana rumput-rumput hijau memberikan kesegaran juga menghijaukan area perbukitan.

  • Bukit Nilo

Selain bukit Tanjung Kajaluwu, ada juga bukit Nilo yang tidak kalah indah. Sejauh mata memandang, keindahan alam Flores seolah tidak akan ada habisnya untuk dinikmati. Selain menikmati keindahan alam dari atas ketinggian, banyak wisatawan yang sengaja datang ke tempat ini untuk melihat langsung patung Maria yang memiliki tinggi mencapai 28 meter, dan merupakan salah satu patung kebanggaan masyarakat Maumere. Jika anda ingin datang ke bukit Nilo ini, Anda bisa pergi ke desa Wuliwutik di kecamatan Nita. Karena tidak ada angkutan umum untuk akses menuju bukit, sebaiknya anda membawa kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan yang banyak tersedia di pusat Kota Maumere. Sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhkan pemandangan berupa perbukitan yang indah dan perkebunan hijau. Berhati-hati lah saat menyusuri jalan ke bukit Nilo, karena di sisi jalan masih banyak terdapat jurang-jurang yang dalam.

  • Pulau Pangbatang

Letak pulau Pangbatang agak sedikit jauh dari Maumere, dibutuhkan jarak tempuh sekitar satu jam perjalanan dengan menggunakan perahu motor dari pelabuhan Laurens Say yang berada di kota Maumere. Pulau Pangbatang merupakan surga bagi para pecinta diving, selain alam bawah lautnya yang menakjubkan, di tempat ini Anda juga bisa mendapatkan sensasi tinggal di pulau kecil, yang hanya dihuni oleh 20 kepala keluarga yang semuanya berprofesi sebagai nelayan.

Itulah daftar 5 tempat-tempat wisata tempat keren di Maumere yang bisa anda datangi saat berwisata ke Flores. Untuk menikmati pesona keindahan pulau di ujung timur kepulauan Nusa Tenggara ini, anda bisa membeli tiket Sriwijaya Air yang menyediakan jalur penerbangan langsung menuju Maumere. Anda bisa melakukan booking dan pesan tiket pesawat menuju kesana secara online, melalui situs Reservasi.com. Selamat berlibur!

 

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>