Published On: Wed, Apr 24th, 2019

Mengetahui Cara Ampuh Mengatasi Keputihan Pada Ibu Hamil Dan Tips Mencegahnya

5 Penyebab Keputihan Berwarna Kuning saat Hamil Tua

Sebenarnya pada saat ibu hamil mengalami keputihan maka ini adalah sesuatu yang normal dan tidak perlu merasa khawatir. Meski begitu ada baiknya ibu hamil tersebut mengetahui penyebab keputihan dan cara ampuh untuk mengatasinya. Pasalnya keputihan saat hamil ini dapat menyebabkan rasa tidak nyaman sehingga akhirnya akan terganggunya aktivitas. Lalu apa yang menjadi penyebab muncul keputihan pada ibu hamil? Pada saat hamil, akan lebih lembutnya leher rahim dan dinding vagina sehingga menyebabkan lebih banyaknya produksi lendir vagina. Lebih banyaknya produksi lendir akan mempengaruhi tingginya kadar hormone estrogen didalam tubuh. Selain itu juga selama masa kehamilan, akan terjadinya peningkatan aliran darah ke area leher rahim.

Berikut cara ampuh mengatasi keputihan pada ibu hamil diantaranya yaitu :

  • Ibu hamil harus lebih sering mengganti pakaian dalamnya. Hal ini tentunya untuk selalu menjaga tetap kering dan bersihnya area Miss V.
  • Ibu hamil harus menggunakan pakaian dalam yang terbuat dari bahan yang baik daya serapnya seperti katun alami.
  • Jika ibu hamil ingin menggunakan pantyliner, maka pilihlah pantyliner yang tidak mengandung pewangi. Dan jika merasa sudah lembab maka harus harus segera menggantinya.
  • Ibu hamil juga tidak boleh menggunakan pakaian atau pakaian dalam yang terlalu ketat.

Supaya ibu hamil dapat terhindar dari keputihan maka hanya dapat dilakukan dengan selalu menjaga kebersihan area organ intim seperti :

  • Mencuci Tangan

Sebelum atau setelah menyentuh area organ intim maka biasakan untuk selalu mencuci tangan.

  • Membasuh Organ Intim Dengan Benar

Setelah ibu buang air kecil atau buang air besar maka organ intim pastikan dibersihkan dengan menggunakan air dengan cara membasuhnya dari arah depan ke belakang. Hal ini bertujuan untuk mencegah tidak masuknya bakteri dari anus ke vagina. Jika kamu merasa Miss V sudah bersih maka keringkan dengan menggunakan handuk atau tisu yang lembut sehingga nantinya vagina akan tetap kering dan terjaga kelembabannya.

  • Tidak Menggunakan Sabun Yang Mengandung Parfum

Pada saat akan membersihkan organ intim maka sebaiknya tidak menggunakan sabun yang mengandung parfum, sabun pembersih kewanitaan, ataupun vaginal douche. Pasalnya produk produk tersebut dapat mempengaruhi terhadap keseimbangan bakteri baik dan pH pada vagina.Jika tidak terjaga dengan baiknya keseimbangan bakteri baik maka akan menyebabkan semakin besarnya resiko untuk terkena infeksi.

  • Menggunakan Pakaian Dalam Yang Nyaman

Ibu hamil sebaiknya menggunakan pakaian dalam yang terbuat dari bahan katun dan longgar.Selain itu juga jika keputihan yang dialami ibu hamil jumlahnya banyak maka disarankan untuk lebih sering mengganti pakaian dalamnya.Hal ini tentunya untuk selalu menjaga tetap kering dan bersihnya organ intim.

Sangat penting bagi ibu hamil untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasi keputihan yang dialaminya. Pasalnya adanya perubahan warna dan bau pada keputihan bisa menjadi indikasi perlunya dilakukan pengobatan segera.Adanya beberapa kasus keputihan yang berubah warna seperti berwarna kuning ataupun kehijauan dan mengeluarkan bau yang tidak sedap.Hal ini tentunya untuk mencegah terjadinya gangguan kesehatan pada ibu dan janin yang ada didalam kandungannya. Nantinya dokter akan merekomendasikan obat khusus yang dapat mengatasi infeksi yang menjadi dasar penyebab timbulnya keputihan. Pastinya dokter akan memberikan jenis obat dan dosis yang telah disesuaikan dengan ibu hamil sehingga aman untuk dikonsumsi.

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>