Published On: Wed, Oct 5th, 2016

Menikmati Pesona Wisata Tersembunyi di Pacitan

pantai-klayarSebagian orang mungkin hanya tahu Kabupaten Pacitan adalah kampung halaman mantan Presiden Rl, Susilo Bambang Yudhoyono. Letaknya di selatan Kota Solo ditempuh dengan melewati jalan berkelok yang cukup melelahkan. Namun, rasa lelah akan dibayar dengan pemandangan indah ketika kita mengunjungi pantai-pantai di daerah yang dijuluki kota seribu gua tersebut, seperti Pantai Klayar dan Pantai Banyu Tibo.

Pantai Klayar adalah pantai yang paling terkenal di Pacitan.  Ciri khas dari Pantai Klayar adalah batu besar yang menyerupai patung Sphinx di Mesir. Tak hanya itu, di Pantai Klayar terdapat fenomena alam yaitu seruling samudra. Keunikan dari seruling samudra adalah air menyembur dari celah-celah batu kemudian membentuk pelangi.

Itulah pesona dari Pantai Klayar. Siapa pun yang datang akan dibuat takjub oleh pesona keindahannya. Pasir pantai putih dan bersih dengan air lautnya yang biru nan indah serta batu-batu karang besar yang elok membuat Anda dibuat takjub oleh keindahan pantai ini.

Adapun Pantai Banyu Tibo, dari Pantai Klayar ke Pantai Banyu Tibo ditempuh sekitar satu jam perjalanan melewati medan jalan yang sama karena ciri khas dari jalan-jalan di-Pacitan adalah berkelok kelok dikelilingi tebing di kanan kiri jalan. Namun, beberapa saat sebelum sampai di Pantai Banyu Tibo jalanan semakin sempit hingga hanya bisa dilalui oleh sepeda motor. Mungkin pantai ini masih baru dikenal oleh para wisatawan sehingga aksesnya masih agak sulit.

Ternyata, akses jalan yang sulit membuat Pantai Banyu Tibo masih sangat perawan keindahannya karena mungkin masih terbilang jarang orang yang mengunjungi pantai ini. Keunikan Pantai Banyu Tibo adalah terdapat air terjun yang langsung jatuh ke pantainya yang bersih dan putih. Dilihat dari tebing, pantai ini sangat indah dengan gulungan ombaknya yang besar dan panjang serta airnya yang sangat bersih dan biru.

Pantai Banyu Tibo ini sangat menggoda. Tak banyak pantai yang seperti pantai Banyu Tibo. Ketika kita bermain di pantainya, kita bisa bermain air di pinggir pantai sekaligus bermain di air tejun yang airnya langsung jatuh ke pantai. Satu hal yang membuat Anda terkesan dengan pantai ini adalah ombaknya.

Pantainya yang sempit dikeliliingi tebing karang di kanan dan kirinya menyebabkan ombak yang datang dari laut menabrak karang. Bila kita bermain di pantai akan terseret oleh ombak dari tiga arah yaitu dari depan dari kanan dan kiri yang dihasilkan dari pantulan ombak yang menabrak karang. Jangan khawatir, pantai ini masih aman untuk dipakai main air asal kita jangan terlalu memaksakan berenang ke lautnya. Pantai ini dijaga oleh banyak penjaga pantai untuk memantau pergerakan dan aktivitas pengunjung, sehingga kita akan tahu titik mana saja yang memang aman.

Destinasi selanjutnya yang ditawarkan Pacitan adalah Goa Gong. Goa Gong diklaim sebagai gua terindah di Asia Tenggara. Keunikan dari gua ini adalah apabila kita memukul dinding gua, akan terdengar suara menyerupai gong. Tak heran gua terbesar dan terindah di Pacitan ini dinamakan Gua Gong.

Seperti wisata gua pada umumnya, banyak pemandu yang menawarkan sewa senter. Pemerintah Pacitan mengelola Gua Gong dengan serius. Pengunjung tidak perlu takut tergelincir atau jatuh saat menyusuri gua karena telah dibuat jalur khusus untuk pengunjung dengan tangga dan pegangan di kiri dan kanan jalur. Masih terdapat gua-gua indah lainnya di Kabupaten Pacitan. Itulah alasan Pacitan dijuluki kota 1.000 gua.

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>