Published On: Fri, Sep 30th, 2016

Pantai Menganti, Obyek Wisata Pantai Mempesona Di Kebumen

pantai-menganti-kebumenSebagai wilayah yang berada di pesisir selatan Pulau Jawa, Kabupaten Kebumen memiliki banyak pantai yang menakjubkan seperti tipe pantai selatan. Namun, siapa sangka ada kejutan dari salah satu pesisir selatan yang baru saja dibuka sejak tiga tahun lalu ini.

Ya, kejutan itu adalah Pantai Menganti. Butuh perjuangan memang untuk sampai di pantai yang berlokasi di balik bukit kapur di Kecamatan Ayah. Pasir putih dan pemandangan indah dari atas bukit menggoda siapa pun untuk menikmati liburan akhir pekan disana.

Asal usul nama Menganti banyak dikisahkan warga setempat dengan penantian seorang panglima perang Kerajaan Majapahit melarikan diri ke pesisir selatan Jawadwipa terhadap pujaan hatinya yang tak mendapat restu dari sang raja. Mereka telah janji mengadakan pertemuan di tepian samudra yang memiliki pasir nan indah. Kendati perempuan yang dicintainya itu tak kunjung datang, ia menanti dan terus menanti.

Pantai Menganti yang berbatasan langsung dengan Samudra Indonesia di bagian selatan menjadi salah satu surga objek wisata pantai. Tidak seperti pantai lain yang pasirnya cokelat. Pantai Menganti memiliki hamparan pasir putih yang memikat.

Pantai ini berada di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Pantainya dibatasi perbukitan batu gamping dan batu klastika gunung api. Sebenarnya, di Kecamatan Ayah ada berbagai pantai. Pantai Logending salah satunya. Objek terkenal lainnya seperti Karangbolong, Petanahan, dan Suwuk. Dulu, Pantai Menganti tidak setenar Pantai Logending karena aksesnya cukup sulit. Namun, sejak dibuka tiga tahun lalu, meski butuh perjuangan melewati jalan naik turun dan berkelok-kelok, kondisi jalan sudah mulus dan beraspal.

Namun, Anda yang naik mobil harus berhati-hati karena lebar jalan hanya lima meter. Oleh karena itu, sangat disarankan naik sepeda motor karena bisa sekaligus menikmati keindahan padang ilalang sebelum sampai ke pantai.  Selain itu, belum ada bus atau angkutan umum untuk sampai ke pantai ini.

Apabila memakai kendaraan pribadi, janganlah lupa untuk memeriksa dahulu kesiapan ban kendaraan, rem dan mesin. Jalan sempit yang berkelok-kelok dan curam memmtut kendaraan dalam kondisi prima. Dari puncak bukit sebelum sampai di lokasi wisata Pantai Menganti, di tepi kanan jalannya terhidangkan indahnya pemandangan gugusan pantai selatan Kebumen. Anda bisa istirahat sejenak untuk mengabadikannya. Sampai di pintu gerbang, Anda akan dipungut biaya masuk pantai Rp 10.000 per orang.

Keindahan pemandangannya berani diadu dengan cantiknya pantai-pantai di Bali. Begitu sampai ke pantainya, Anda bisa menikmati deburan ombak yang menciumi batu-batu karang dengan begitu dahsyat.

Gelombang ombaknya yang bergelora membuat pantai ini pernah digunakan untuk lomba selancar. Pasir putihnya masih bersih, bisa dijejaki kaki-kaki telanjang. Perahu-perabu nelayan berjajar di bibir pantai, menambah nuansa pantai yang eksotis.

Melewatkan senja kemerahan di bentangan pantai yang luas sungguh menjadikan pengalaman jalan-jalan yang mengesankan. Anda juga bisa bermalam dengan menyewa atau menginap di rumah penduduk setempat. Daerah wisata ini memang belum banyak fasilitas wisata seperti hotel atau penginapan, restoran, tempat makan, bahkan fasilitas MCK juga terbatas.

Satu hal lagi yang membuat pengunjung ingin kembali lagi adalah keramahan nelayan Menganti bisa membawa suasana tersendiri, apalagi kita bisa bersantap makanan laut berupa ikan, udang, bahkan lobster hasil tangkapan nelayan yang masih segar. Ditemani es kelapa muda, membuat liburan Anda menjadi lengkap.

 

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>