Published On: Mon, Nov 19th, 2018

Penyebab Anak Tidak Suka di Pesantren

Ketika orangtua memasukkan anaknya ke sebuah pesantren maka tentunya orangtua ini menginginkan anaknya itu mendapatkan ilmu agama yang banyak. Orangtua ini juga tentunya berharap anaknya ini akan menjadi anak yang soleh dan taat dalam beragama. Orangtua ini menginginkan anaknya itu akan menempuh pendidikan di pesantren sampai selesai. Dan ketika lulus nanti diharapkan anaknya itu akan dapat mengamalkan ilmu agama yang telah diperolehnya. Namun terkadang seorang anak ini tidak menempuh pendidikan di pesantrennya sampai selesai karena seorang anak ini merasa tidak betah sehingga tidak melanjutkan pendidikannya di pesantren itu.

3 hal ini yang biasanya menyebabkan seorang anak tidak merasa betah menempuh pendidikan di sebuah pesantren diantaranya yaitu :

  1. Pendidikan Pesantren Yang Terlalu Keras

Salah satu hal yang menyebabkan seorang anak tidak merasa betah di pesantren adalah karena seorang anak ini menganggap pendidikan di pesantren terlalu keras untuknya. Misalnya saja seorang anak ini tidak terbiasa dengan kebiasan di pesantren yang harus bangun subuh dan harus bisa disiplin keras.

  1. Seorang Anak Ini Tidak Bisa Jauh Dari Orangtuanya

Hal lain yang menyebabkan seorang anak merasa tidak betah di pesantren adalah karena seorang anak ini tidak bisa jauh dari orangtuanya. Ketika seorang anak masuk sebuah pesantren maka tentunya seorang anak ini harus diam di asrama. Anak yang tidak bisa jauh dari orangtuanya maka biasanya akan merasa sedih saat sedang berjauhan dengan orangtuanya itu.

  1. Seorang Anak Ini Tidak Bisa Mandiri

Seorang anak juga tidak akan merasa betah di pesantren ketika seorang anak ini tidak bisa mandiri. Ketika seorang anak ini masuk pesantren maka tentunya seorang anak ini akan tinggal di asrama pesantren. Di asrama ini seorang anak harus bisa mengerjakan semua keperluan untuk dirinya sendirian seperti mencuci dan menyetrika baju karena sebelumnya ibunya yang selalu mengerjakannya.

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>