Published On: Fri, Dec 15th, 2017

Resep Masakan Rumahan Aneka Seafood Lezat

Makanan laut merupakan salah satu jenis hidangan yang nutrisinya diperlukan terutama oleh anak – anak. Anak – anak dalam masa pertumbuhan membutuhkan kandungan kalsium dan mineral untuk memaksimalkan otot, tulang, serta otaknya. Dengan demikian, ibu harus ekstra semangat dalam menerapkan aneka resep masakan rumahan seafood yang lezat supaya anak – anak bisa makan dengan lahap. Berikut adalah rekomendasi yang cocok dicoba di rumah.

  • Tumis Udang Sederhana

Bahan – bahan yang diperlukan untuk membuat resep masakan rumahan dari udang ini adalah 300 gram udang kupas, 1 butir kentang ukuran sedang, dan 3 lembar jamur kuping. Sedangkan untuk bumbunya dapat dibuat dari 4 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, 5 buah cabai hijau besar, 2 buah cabai besar merah, 2 lengkuas yang diiris pipih, 1 sendok teh garam. setengah sendok teh penyedap rasa, 1,5 sendok makan gula pasir, 1 sendok teh kecap manis, 4 sendok makan minyak, serta 3 sendok makan air.

Cara membuatnya yaitu haluskan bumbu – bumbu. Setelah itu tumis sampai harum dan masukkan udang. Tumis dengan minyak agak banyak supaya warna udang kian memerah. Tambahkan kentang dan jamur setelah udang sudah tampak lebih merah. Aduk dengan api kecil dan tambahkan air jika dibutuhkan. Angkat ketika matang dan sajikan.

  • Tumis Cumi Lenca

Tumis cumi lenca bisa dibuat dari bahan 7 siung bawang merah, 6 siung bawang putih, 5 buah cabai merah besar, seperempat kilogram cumi segar, seperempat kilogram lenca, serta gula dan garam secukupnya. Cara membuatnya sangat sederhana. Jadi, setelah cumi dibersihkan dan dipotong kecil – kecil, maka lenca juga dipotong menjadi 2 bagian dan cuci sampai bersih.

Setelah itu, haluskan bumbu – bumbu dan tumis hingga harum. Ketika bumbu resep masakan rumahan ini sudah tercium sedap, maka tambahkan setengah gelas air, cumi dan lenca. Aduk – aduk dengan tetap ditumis sampai matang. Gunakan api kecil supaya lebih meresap dan rata. Tambahkan penyedap rasa jika diperlukan. Menu ini sangat cocok dibawa untuk piknik atau kegiatan outdoor karena praktis dan tidak berkuah.

Itulah resep masakan seafood yang mudah dan enak. Hal tersebut tentu bisa dibuat oleh orang yang baru belajar masak sekalipun. Pasalnya, cara membuatnya yang tidak terlalu rumit dan membutuhkan berbagai macam bahan. Menjadikan makanan ini sangat cocok untuk makanan keluarga. Terlebih jika Anda memiliki waktu yang sibuk. Selamat mencoba dan semangat memasak ya. 🙂

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>