Published On: Wed, Nov 9th, 2016

Serunya Ngumpul Di Taman Bungkul Surabaya

taman-bungkul-surabayaBerjalan menyusuri kota Surabaya merupakan sebuah hal yang sangat menarik. Sepanjang perjalanan kita bisa sembari menikmati bangunan-bangunan tua nan bersejarah yang masih terawat dengan apik. Di Surabaya, setidaknya ada lebih dari 165 bangunan yang telah ditetapkan sebagai cagar budaya. Di antaranya adalah Monumen Suryo, Balai Pemuda, Gedung Internatio, Kantor Gubernur Jawa Timur, Monumen Kapal Selam, ataupun Gedung PTPNXXII.

Banyaknya bangunan berarsitektur kolonial yang masih terjaga dengan baik juga memberikan nuansa berbeda. Arsitektur pada masa kolonial yang memiliki ciri khas tersendiri, berpadu harmonis dengan bangunan modern di sekitarnya. Seolah membawa kita kembali ke suasana di masa lampau.

Satu hal lain yang menarik perhatian kita selama berwisata sejarah di Surabaya, yakni kebersihan kotanya. Banyaknya taman, area pedestrian yang nyaman dan rapi serta lingkungan yang bersih menjadi suatu pemandangan tersendiri di Surabaya. Tanpa kita sadari, terkadang kita berdecak kagum sendiri melihat bersihnya trotoar di beberapa ruas jalan yang kita lalui. Tak hanya jalan, beberapa sungai yang melintasi kota nampak bersih dari sampah. Hal ini tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Salah satu taman wisata kota yang banyak diperbincangkan dari Surabaya saat ini ialah Taman Bungkul. Taman ini pernah meraih penghargaan internasional “The 2013 Asian Townscape Sector Award” di Fukuoka, Jepang. Taman Bungkul yang terletak di Jalan Raya Darmo ini menjadi satu-satunya taman di Indonesia yang memperoleh penghargaan PBB tersebut.

Tak mengherankan jika Taman Bungkul menjadi tempat favorit untuk bersantai bagi warga Surabaya. Taman ini dilengkapi dengan berbagai sarana pendukung, seperti tempat bermain anak-anak, jogging track, tempat bermain skateboard, kolam air mancur, dll. Tak ketinggalan, tersedia juga beberapa spot wifi di dalam area taman. Beragam aktivitas warga kita temui di sana. Sekelompok pemuda yang tengah berlatih musik hip hop, area play ground yang ramai dengan celoteh anak-anak kecil yang didampingi orangtuanya, sekelompok anak muda yang asyik dengan gadget-nya menikmati wifi, hingga beberapa pasang orang sepuh yang duduk-duduk santai di sana. Beberapa penjual makanan khas Surabaya juga bisa kita jumpai di belakang taman.

Siapa coba yang tak betah berlama-lama bersantai di antara pepohonan yang rindang, dengan sarana pendukung yang lengkap termasuk akses wifi?

Nah, bagi Anda yang berencana mengunjungi objek-objek wisata di Kota Pahlawan, berikut ini tips berwisata sejarah di Surabaya.

  1. Untuk mendapatkan pengalaman napak tilas sejarah yang lebih lengkap, Anda juga bisa menggunakan bantuan biro wisata yang banyak terdapat di Surabaya.
  2. Anda juga bisa mengunjungi Balai Pemuda Surabaya yang terletak di Jalan Pemuda untuk mendapatkan panduan informasi mengenai bangunan-bangunan bersejarah yang ada di Surabaya.
  3. Kini, ada tur singkat “Surabaya Heritage Track” yang diselenggarakan iieh House of Sampoerna. Tur singkat ini berangkat 3 kali setiap hari kecuali Senin, dan berlangsung sekitar 1-2 jam. Tur ini bisa menjadi pilihan menarik bagi Anda yang ingin bernostalgia di sebelah utara kota Surabaya.
  4. Pilihan lainnya untuk berwisata sejarah di Surabaya, Anda bisa menggunakan bus kota atau angkot selama di Surabaya. Beberapa objek bahkan lokasinya berdekatan dan bisa ditempuh dengan berjalan kaki atau juga dengan naik becak.
  5. Tugu Pahlawan, ikon Surabaya, berada di pusat Kota Surabaya yang memiliki akses mudah untuk dijangkau. Pecinta perjalanan dapat menggunakan kendaraan umum maupun pribadi untuk berkunjung ke sana.

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>