Published On: Fri, Oct 21st, 2016

Tips Bersepeda Saat Cuaca Panas Menyengat

bersepeda-saat-cuaca-panasCuaca tak selamanya bersahabat. Ada kalanya kenyamanan bersepeda sedikit terganggu oleh cuaca panas. Bersepeda di bawah sengatan mentari lebih menguras energi dan menyebabkan pengendaranya cepat dehidrasi. Tak sedikit pengendara sepeda yang mengurungkan niat karena ganasnya mentari. Lantas, bagaimana cara bersepeda saat cuaca panas?

Agar kegiatan bersepeda tetap aman dan nyaman, simaklah kiat berikut ini, tips bersepeda saat cuaca panas.

  1. Pakal tabir surya

Tak sedikit pengendara sepeda yang tidak ingin warna kulit menjadi belang seusai bersepeda. Mengoleskan sunblock, suncream, atau tabir surya sebelum bersepeda setidaknya bisa menjaga dan mengurangi risiko kulit menjadi belang.

  1. Rutin menenggak air

Air dalam bidon atau bladder wajib dibawa saat bersepeda jarak dekat atau jauh. Apalagi saat cuaca panas membuat dehidrasi cepat menyerang. Menenggak air ketika bersepeda harus rutin dilakukan. Minumlah sebelum rasa haus datang. Lima belas menit sekali menenggak air secara rutin bisa menjaga tubuh terhindar dari dehidrasi. Kekurangan cairan tubuh bisa mengurangi konsentrasi saat berkendara.

  1. Energi

Sengatan mentari membuat kita cepat lelah dan irama kayuhan pun berkurang. Saat itulah suplai energi diperlukan. Makanan berkarbohidrat sangat dibutuhkan saat acara bersepeda. Namun, perlu diingat asupan itu harus berenergi tinggi, mampu memasok glikogen menuju otot secara cepat, mudah disantap (praktis), akrab dengan lambung, serta mengandung kadar air yang cukup. Cokelat atau buah pisang merupakan makanan berenergi favorit pembalap atau pengendara sepeda. Selain itu, menurut beberapa penelitian, mengonsumsi buah pisang dan cokelat bisa membuat kita lebih bahagia.

  1. Dinginkan kepala

Meskipun cuaca panas, kepala harus tetap dingin. Sinar matahari yang membakar selama berjam-jam bisa menyebabkan sunburned head alias terbakamya kepala. Jika terus dibiarkan bisa membahayakan pengendara sepeda dan berubah menjadi sengatan matahari (sunstroke). Ketika otak menerima panas berlebih (overheat) akan timbul gejala seperti sakit kepala, mual, bahkan bisa menyebabkan kematian. Oleh karena itu, ada baiknya jika kita mencegahnya dengan sering membasahi rambut. Cara lainnya yaitu dengan sering melonggarkan helm dan membuka strap helm terutama saat melibas tanjakan agar angin bisa masuk dan membuat kepala lebih dingin.

  1. “Jersey” yang “breathable”

Jersey yang baik adalah jersey yang memiliki kemampuan penyerapan dan penguapan yang baik (breathable). Kebanyakan jersey berbahan polyester sehingga memberikan kemampuan “bernapas” yang baik. Jadi, pilihlah jersey yang bisa menjaga stabilitas suhu tubuh, menjadi penghangat saat kedinginan, menjadi pendingin saat kepanasan.

  1. Bersepeda pagi dan sore

Banyak pengendara sepeda yang menyukai bersepeda pagi atau sore hari. Bersepeda di pagi hari lebih baik. Selain bisa menikmati udara segar, lalu lintas juga belum ramai. Bersepeda sore tak kalah seru karena menyajikan pengalaman berbeda. Di samping cuaca yang bersahabat, kita juga bisa menikmati pemandangan matahari terbenam (sunset).

Bersepeda saat musim panas memang menguras energi dan cepat lelah. Jangan sampai kondisi cuaca membuat kita enggan mengayuh kereta angin. Karena pengendara sepeda sejati adalah mereka yang konsisten mengayuh dan tangguh di segala medan serta situasi dan kondisi. Semoga tips bersepeda saat cuaca panas ini bermanfaat bagi Anda.

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>