Published On: Fri, Sep 30th, 2016

Tips Memilih Kacamata yang Tepat Bagi Pesepeda

kacamata-pesepedaDalam beberapa cabang olah raga terutama balap sepeda, kacamata menjadi kebutuhan vital demi keamanan dan kenyaman saat berkendara. Penggunaan kacamata di kalangan pebalap sepeda dan pesepeda social cyclist atau hobbies mungkin tak lepas dari peran Greg Lemond, pebalap sepeda Tour de France era 1980-an.

Sebenarnya, jauh sebelum Greg Lemond lahir, kacamata telah digunakan di Tiongkok dan Eropa. Seperti dilansir dari laman Wikipedia, kacamata pertama kali digunakan oleh Nero, kaisar Roma yang berkuasa pada 54-68 Masehi. Dia mengunakan batu permata cekung untuk membaca dan menonton pertunjukan. Demikian pula bangsa Tionghoa adalah pelopor penggunaan kacamata seperti yang lazim dipakai saat ini. Lensa kacamata terbuat dari kristal batu sedangkan bingkainya terbuat dari tempurung kura-kura.

Seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, kacamata terus berkembang sesuai dengan kebutuhan. Beragam kacamata dibuat dengan fungsi yang berbeda. Mulai dari kacamata gaya, kacamata bifocal (kacamata untuk melihat jarakjauh maupun jarak dekat) yang ditemukan oleh Benjamin Franklin, hingga kacamata yang didesain khusus untuk olah raga terutama bersepeda. Kacamata pun, dewasa ini, menjadi kebutuhan yang wajib dipakai pesepeda saat mengayuh kereta angin.

Baca juga : Amankah Tanam Benang Untuk Kesehatan?

Demi kelancaran acara bersepeda, jenis dan kualitas kacamata perlu diperhatikan karena kegiatan bersepeda yang ragam jenisnya. Bicara soal kualitas kacamata, pemilihan bingkai dan lensa tak boleh dilewatkan.

Ada dua jenis bingkai kacamata, full frame dan half frame. Bingkai kacamata ada yang berbahan metal dan polycarbonate plastic. Frame berbahan polycarbonate plastic lebih cocok digunakan untuk kegiatan bersepeda karena lebih ringan dan tahan lama. Kacamata full frame biasanya digunakan oleh pesepeda ekstrem seperti downhiller. Jika Anda pesepeda hobi atau penyuka road race, kacamata half frame boleh jadi pilihan tepat karena kacamata half frame memiliki ventilasi yang lebih baik dengan penglihatan yang lebih luas.

Lensa kacamata pun bermacam-macam. Ada lensa bening, dan kuning yang cocok dipakai saat mendung atau malam hari. Ada lensa dengan perlindungan ultraviolet (UV-protecteo), cocok digunakan bagi pesepeda touring yang suka mengayuh berjam-jam di bawah terik mentari.

Baca juga : Ini Dia Beberapa Hal yang Wajib Dilakukan Sebelum Makan

Selain itu, ada lensa yang dapat mengurangi silau (polarized), lensa yang dapat menyesuaikan dengan kondisi cahaya (photochromatic), atau lensa berwarna (brown red/orange) yang mampu membuat mata rileks. Ada kacamata yang bisa berganti lensa. Kacamata dengan beberapa set lensa ini  memudahkan Anda mengganti lensa sesuai dengan kebutuhan tanpa harus berganti  kacamata.

Banyak kacamata sepeda yang menawarkan beragam pilihan. Semua tergantung pada jenis kegiatan bersepeda Anda. Tinggal pilih saja, apakah mau memakai kacamata hitafm biasa yang “asal gaya” atau kacamata dengan material frame dan lensa yang berkualitas tetapi harus merogoh kocek yang cukup dalam?

Yang terpenting dalam memilih kacamata adalah sesuaikan dengan jenis kegiatan bersepeda dan bentuk wajah Anda. Setelah mendapat kacamata yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan, tunggu apa lagi, ambil sepeda Anda.  Selamat bersepeda ria!

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>