Published On: Sun, Oct 2nd, 2016

Tips Update Isi Lemari Pakaian Tanpa Menguras Kantong

update-isi-lemari-pakaianHal semacam ini kerap kali terjadi: begitu membuka lemari pakaian, butuh waktu lama untuk menentukan baju mana yang akan dipakai. Rasanya, ini sering dipakai, itu sudah beberapa kali dipakai, yang lain bahkan sudah tak bisa dipakai. Perasaan selalu tak punya kostum, padahal lemari pakaian penuh sesak. Itu berarti Anda tak mengenali isi lemari pakaian Anda. Kalau begini, membeli baju baru bukan satu-satunya jalan. Ini saatnya meng-update kembali isi lemari pakaian Anda.

Lantas, bagaimanakah cara meng-update kembali isi lemari pakaian tanpa menguras kantong? Caranya, lakukan langkah-langkah mudah berikut:

  1. Keluarkan semua isi lemari pakaian. Pilah kembali, mana pakaian yang masih bisa dipakai dan tidak. Sisihkan pakaian yang sudah kekecilan atau yang sudah tak ingin Anda pakai. Dengan begitu, isi lemari tak disesaki baju-baju tak terpakai. Pastikan semua barang yang ada dalam lemari pakaian bisa dikenakan.
  2. Pisahkan pakaian berdasarkan kebutuhan. Misalnya, pakaian sehari-hari dengan pakaian kerja atau untuk ke pesta tentu harus diletakkan di tempat berbeda agar tak tercampur aduk.
  3. Cari gambar busana artis-artis untuk dijadikan inspirasi atau bahan referensi padu padan pakaian. Buat gaya semirip mungkin dengan barang yang ada dalam lemari saja. Berdandan ala artis, tak berarti harus mahal ‘kan?
  4. Ingin tampil beda? Legging, dasi, skarf, rompi, ikat pinggang, dan jaket denim, pastikan jangan terbuang dari lemari. Aksesori itu bisa jadi pelengkap pakaian dan membuat gaya Anda berbeda.

Setelah dipikir-pikir, isi lemari Anda memang kurang update. Isinya membosankan alias tak banyak barang yang bisa dipadupadankan. Tak ada jalan lain, harus belanja barang baru. Wah, harus mengeluarkan banyak uang dong? Belum tentu.

Tampil modis bukan berarti bergaya dengan barang-barang bermerek. Kalau pandai memilih dan mencari tempat belanja yang oke, Anda bisa meng-update koleksi pakaian dan aksesori, tanpa membuat kantong jebol.

  1. Saat belanja pakaian dan aksesori baru, jangan melakukan pengulangan. Maksudnya, jangan beli barang yang sudah ada di lemari. Misalnya, bila isi lemari Anda dominan dengan warna gelap, usahakan beli pakaian baru dengan warna yang lebih terang agar tak membosankan. Cari barang yang benar-benar belum ada di lemari.
  2. Agar kantong tak terkuras saat belanja pakaian dan aksesoris baru, sebaiknya Anda harus tahu betul, apa saja yang dibutuhkan. Tapi kalau sekali waktu tak sengaja menemukan barang bagus dengan harga miring, ya, tak perlu pikir panjang dan perencanaan untuk membelinya.
  3. Saat belanja aksesori, pastikan harganya tak lebih mahal dari harga pakaian Anda. Aksesori tak harus mahal, yang penting unik dan cocok dipadukan dengan pakaian yang ada.
  4. Daur ulang barang yang sudah ada. Misalnya, model celana yang sedang tren sekarang, celana skinny yang bentuknya pas mengikuti lekuk kaki. Tapi, jangan buang celana jins model cut bray. Bawa saja ke tukang vermak jins, dan minta sang penjahit membuat celana cut bray Anda menjadi skinny jins yang sedang trendi. Biaya vermak jins tak lebih dari 50 ribuan.
  5. Cari pakaian dan aksesori unik di pasar loak. Pasar Senen atau Pasar Baru maupun pasar sejenisnya bisa jadi tempat berburu koleksi unik dengan harga murah meriah. Asalkan pandai memilih, koleksi pakaian Anda pasti tak ketinggalan zaman.
  6. Berburu diskon itu memang paling asyik. Setiap supermarket/mall biasanya selalu punya program diskon besar-besaran. Nah, tahan hasrat belanja Anda sampai musim diskon tiba. Tapi, belanja diskon pun jangan sampai kalap. Beli barang yang sekiranya benar-benar bisa dipakai. Jangan asal murah, lantas dibeli, tapi kemudian tak terpakai dan hanya memenuhi lemari.

Demikianlah tips update isi lemari pakaian tanpa menguras kantong telah tersajikan. Semoga bermanfaat bagi Anda.

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>