Published On: Wed, Jan 11th, 2017

Tren Nutrisi untuk Kesehatan Tubuh

tren-nutrisiTak hanya dalam dunia gawai atau fashion, tren juga merambah pada dunia nutrisi. Di tahun ini, tren nutrisi banyak berkutat pada makanan berbasis tanaman. Keluarga kacang-kacangan dan polong menjadi sumber protein yang paling diandalkan.

Setidaknya ada enam jenis atau metode makanan yang diprediksi akan menjadi tren nutrisi dan banyak digandrungi sepanjang tahun ini. Berikut daftarnya:

Makanan di mangkuk

Penyajian makanan bergizi lengkap yang diletakkan dalam dalam satu mangkuk akan makin banyak disukai dengan alasan praktis. Makanan ini disajikan untuk sarapan, makan siang, dan makan malam dalam keadaan hangat atau dingin.

Untuk sarapan, menu yang biasanya ditemui adalah sereal, oatmeal, dipadukan dengan beberapa jenis buah. Sementara untuk makan siang dan malam, makanan yang ada di dalamnya berupa penggabungan dari segala macam sayuran dan jenis biji-bijian, juga nasi serta daging. Ada pula jenis protein seperti telur, keju, atau tahu.

Baca juga : Pentingnya Menyajikan Menu Sehat untuk Anak

Sayuran bentuk mi

Banyak sayuran yang kini dapat dijadikan mi. Wortel, lobak, zucchini, dan beberapa sayuran lain biasa dibuat seperti mi atau yang dikenal dengan zoodles. Makanan ini bentuknya mirip mi atau spaghetti. Namun, nilai kalori dan nutrisinya lebih kaya karena dibuat dari bahan segar. Dengan tambahan saus yang lezat, lidah bisa saja “tertipu” dengan rasa pasta yang sebenarnya berasal dari sayuran ini. Senang di lidah senang pula di perut bukan?

Biji-bijian kuno

Tren selalu berulang. Apa saja yang pernah dmyatakan kuno, kini bisa saja “didaur ulang” menjadi sesuatu yang baru. Salah satunya adalah biji-bijian yang sempat dinyatakan kuno karena sudah sangat sulit dicari di pasaran.

Sebut saja quinoa, amaranth, teff, millet, spelt, kamut, kaniwa, freekeh, dan farro. Selain kaya dengan serat, protein, vitamin B, dan nutrisi lain, biji-bijian itu bisa ditambahkan sebagai bahan baku pasta dan nasi di piring (atau mangkuk?) sajian Anda.

Baca juga : Dukungan dan Empati Bagi Penderita Kanker Payudara

Kacang-kacangan

Buncis, kacang polong, chickpeas, lentil, dan sejenisnya mendapat perhatian Perserikatan Bangsa-Bangsa. Bahkan, PBB menyematkan tahun 2016 sebagai “International Year of Pulses” karena khasiat nutrisi dalam kacang-kacangan yang membawa manfaat bagi kesehatan dan juga lingkungan.

Lemak sehat

Tak hanya makanan yang berasal dari tumbuhan, lemak sehat tentunya masih digandrungi tahun ini. Sebagian orang bahkan berpendapat bahwa daripada memilih makanan rendah lemak, alangkah baiknya memilih makanan dengan lemak sehat. Seperti yang didapat dalam biji-bijian, kacang, salmon, zaitun dan minyak zaitun. Lemak sehat juga terdapat dalam buah alpukat yang makin digandrungi sebagai menu untuk sarapan.

Berbahan dasar sayuran

Tren makanan yang paling tidak bisa dihindari tahun ini adalah sayuran. Semakin banyak orang yang memilih sayuran sehingga menjadikannya primadona di atas piring makan. Bukan hanya sebagai makanan pelengkap, melainkan makanan utama. Justru protein hewani seperti daging akan diletakkan sebagai makanan tambahan.

Demikianlah tren nutrisi tahun ini, salah satunya dapat Anda tambahkan dalam menu konsumsi harian Anda.

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>