Published On: Sat, Nov 12th, 2016

Trik Berlibur Ke Luar Negeri Dengan Biaya Hemat

Selama berada di Thailand, kita akan sering mendengar ucapan-ucapan khas seperti sawasdee krap (salam untuk laki-laki), sawasdee ka (salam untuk perempuan), kob kun krap (ucapan terima kasih kepada laki-laki), dan kob kun ka (ucapan terima kasih kepada perempuan). Itu memang budaya mereka yang pada gilirannya juga bisa berkontribusi bagi pariwisata karena ucapan-ucapan hangat itu bisa mengejawantah sebagai bentuk keramahan terhadap wisatawan.

Saat berada di negeri gajah putih itu, wisatawan tentu tidak mau memikirkan gejolak politik. Bagi wisatawan, yang penting ialah bagaimana cara mereka memperoleh kebahagiaan dengan menikmati keindahan lokasi wisata di negeri tersebut. Daya tarik wisata Phuket memang mempesona sehingga wajar jika Tourism Authority of Thailand (TAT) bertekad mempromosikan Phuket ke dunia internasional, termasuk Indonesia, apalagi sudah ada penerbangan langsung maskapai Air Asia dari Jakarta ke Phuket, tiga kali seminggu, yakni Rabu, Jum’at, dan Minggu.

Phuket, Bangkok, dan Chiang Mai itu sektor kuat dalam pariwisata Thailand. Orang mungkin sudah tahu bahwa belanja di Thailand asyik dan murah. Lebih dari itu, orang juga sebaiknya tahu bahwa di Phuket kita tak hanya berbelanja tetapi juga bisa snorkeling, canoeing, ataupun belajar membuat kerajinan tangan (handycraft) ini. Untuk kelancaran program tersebut, TAT menggandeng Air Asia Indonesia. Harga tiket yang ditawarkan cukup terjangkau, mulai dari sekitar Rp 2 juta pulang-pergi, bergantung pada ketersediaan kursi dan periode perjalanan.

Trik Harga Miring

Masyarakat dapat dengan mudah melihat promosi harga tiket pesawat atau hotel melalui situs web-nya. Namun, tentunya promo itu memiliki kuota, tergantung dari jumlah kursi yang ditawarkan dan berbeda di setiap kampanye promo.

Sebelum berwisata, Anda sebaiknya memiliki trik tersendiri untuk mendapat promo spesial tersebut, misalnya:

  1. Sebelum memutuskan untuk membeli tiket, Anda sudah harus benar-benar tahu ke mana dan kapan Anda hendak pergi. Jika perlu siapkan rencana A, rencana B, dan rencana C yang sesuai dengan ketersediaan dana perjalanan wisata Anda. Terkadang, kita bingung dan menjadi cenderung plin plan, sehingga kita melewatkan kesempatan harga promo untuk tujuan lain karena kita hanya fokus di satu tujuan wisata.
  2. Selalu siap (standby di depan komputer Anda tepat satu jam sebelum pukul 24.00 tengah malam. Biasanya kampanye harga spesial dimulai pukul 00.00 dini hari. Anda dapat masuk ke situs web sebelum pukul 00.00 dan menentukan tujuan serta waktu keberangkatan yang diinginkan, kemudian klik “enter” tepat saat pukul 00.00 dini hari.
  3. Hindari tanggal-tanggal musim padat (peak season). Saat Anda berencana untuk berlibur, terutama ke tujuan-tujuan favorlt seperti Bali, Singapura, Phuket, ataupun Bangkok, Anda dapat menyiasatinya dengan menghindari berangkat saat libur akhir pekan atau libur panjang akhir pekan dan tanggal merah. Anda juga harus mengingat bahwa tiket promo biasanya tidak dapat berubah tanggal. Jadi sebelum Anda membeli tiket, pastikan tanggal keberangkatan Anda. Perubahan tanggal pada menit-menit terakhir dapat menyebabkan penumpang harus menambah biaya lebih mahal.
  4. Daftarkan diri Anda ke keanggotaan beberapa maskapai penerbangan atau startup tour & travel agar nantinya Anda tidak perlu repot-repot memasukkan data saat hendak melakukan pembelian tiket promo dan proses pembelian tiket Anda menjadi lebih cepat sehingga kemungkinan mendapat tiket promo menjadi lebih besar.

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>