Published On: Fri, Nov 2nd, 2018

Yamaha FreeGo, The Amazing Scuter Matic Terbaru

Bertepatan dengan digelarnya Indonesia Motorcyvle Show (IMOS) 2018 yang digelat di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta pada tanggal 31 Oktober 2018 kemarin, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) sebagai salah satu pesertanya memamerkan dan memperkenalkan salah satu produk baru yang menjadi unggulan mereka, yaitu Yamaha FreeGo.

Yamaha FreeGo ini merupakan skuter matic atau skutic yang memiliki kubikasi mesin 125 cc dan dilengkapi berbagai fitur menarik, modern dan terbaru. Mesin yang disematkan di Yamaha FreeGo ini merupakan commonpart dari mayoritas Yamaha Mio series. Hanya saja, walaupun dikatakan commonpart, namun tidak seluruhnya sama, karena ada penambahan di fitur motor Yamaha FreeGo yang baru.

Salah satu alasan kenapa Yamaha FreeGo benar-benar diciptakan dengan segala kecanggihannya itu, menurut Minoru Marimoto selaku President Director & CEO YIMM, hal tersebut dikarenakan Yamaha selalu mendengarkan setiap masukan dari konsumennya dan akhirnya terciptakan produk baru itu.

Secara umum, Yamaha FreeGo ini memiliki body yang lumayan besar walaupun tidak sebesar Yamaha NMAX atau sejenisnya. Sekilas dari depan, bodynya mirip seperti Yamaha New Soul GT, namun untuk headlampnya benar-benar berbeda. Lampu seinsnya pada bagian depannya pun diletakkan terpisah dan berada sedikit di dekat ban.

Dikarenakan bodynya yang besar, maka ban dan velg yang dipakainya juga menyesuaikan. Untuk Yamaha FreeGo ini, Yamaha sudah tidak lagi menggunakan velg seperti yang dipakai di skutic pada ummumnya, yaitu yang berukuran 14 inci melainkan sepasang velg berukuran 12 inci.

Velg berukuran 12 inci tersebut dapat digunakan sebagai tempat untuk ban tubeless bertapak lebar yang diyakini mampu membuat motor menjadi lebih tenang dan stabil walaupun digunakan dalam kecepatan tinggi atau berkelok-kelok serta bermanuver tajam. Untuk ban depannya, Yamaha FreeGo memakai ban berukuran 100, sedangkan yang belakang berukuran 110.

Sistem pengereman pada Yamaha FreeGo ini adalah menggunakan Antilock Brake System (ABS) yang dapat memonitori kinerja rem saat terjadi pengereman mendadak. Untuk bagian belakangnya masih standar seperti pada umumnya, yaitu menggunakan tromol.

Yamaha FreeGo ini juga sudah mengadopsi Smart Key System (SKS) yang sudah menyingkirkan sistem penguncian menggunakan kunci fisik atau istilah lainnya adalah keyless. Tidak hanya itu saja, Yamaha juga menyematkan fitur Full Digital Speedometer yang telah support untuk teknologi Multi Information Display (MID).

Pada bagian sebelah kiri di bawah stang terdapat satu lubang untuk pengisian bahan bakar yang mana dapat dibuka secara otomatis dengan menekan tombol di sebelah otomatic key yang terletak di sebelah kanan. Walaupun lubang pengisian bahan bakarnya terletak di depan, namun tidak perlu khawatir jika terjadi benturan karena tangki bahan bakarnya tidak benar-benar berada di muka, melainkan di bagian bawah deck pijakan kaki.

Dengan Smart Front Refuel ini, maka pengguna Yamaha FreeGo tidak perlu lagi turun dari kendaraan jika ingin mengisi bahan bakar. Tangki bahan bakarnya yang dilapisi plat baja tersebut memiliki kapasitas sampai 4.2 liter.

Dengan dipindahnya tangki bahan bakarnya di bawah deck, maka bagasi yang terletak di bagian bawah jok menjadi sangat luas dan besar, yaitu berukuran 25 liter atau muat untuk satu helm dan beberapa barang lainnya. Selain itu, karena bagasinya menjadi besar, maka long seatnya juga bertambah luas.

Ada 3 tipe untuk Yamaha FreeGo ini, yaitu tipe standar, tipe S dan tipe S-ABS. Ketiganya memiliki perbedaan mendasar dan itu juga yang menjadi landasan perbedaan harganya di pasaran. Selain itu, terdapat banyak varian warna, khususnya untuk yang tipe standar.

Dan terkait dengan diperkenalkannya produk skutic baru ini, YIMM ingin membuat satu kuis dengan hadiah yang sangat menarik. Kuis tersebut dijadwalkan akan dibuka dan dimulai per tanggal 7 November 2018 mendatang. Bagi yang ingin mengikutinya dan tidak mau terlewatkan waktunya, maka dapat langsung Follow dan Like akun Facebook Yamaha Motor Indonesia dan Instagram @YamahaIndonesia.

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>