Published On: Thu, Dec 8th, 2016

Yuk Bermain Bersama Panda Lucu Di Pusat Riset Chengdu

panda-sichuanPanda menjadi ikon Tiongkok yang telah dikenal sekian lama. Bagi yang berkeinginan melihat panda di Tiongkok, tidak banyak tempat yang dapat menghadirkan panda secara asli dan langsung dari habitatnya. Satu dari sedikit tempat tersebut, yakni Chengdu, ibukota Provinsi Sichuan. Chengdu diakui sebagai ibukota panda dunia karena letaknya yang dekat dengan habitat asli panda. Chengdu Research Base of Giant Panda Breeding merawat dan melindungi panda-panda langka. Bila sedang di Chengdu, luangkanlah beberapa jam dari itinerary Anda untuk bermain bersama panda.

Sebagai satu konservasi panda yang dikenal luas bagi masyarakat, Chengdu Research Base of Giant Panda Breeding memiliki 80% sampai 85% populasi panda Sichuan. Kini, populasi panda di dunia tidak sampai 2.000 ekor. Oleh karena itu, Chengdu Research Base of Giant Panda Breeding bersikeras meningkatkan populasi giant panda.

Inisiatif untuk membangun konservasi panda bermula pada 17 Januari 1953. Di tahun itu, seekor panda liar ditemukan di Yutangi kota di Provinsi Sichuan. Panda tersebut kemudian dirawat di Chengdu Futoushan Breeding Facility di Chengdu Zoo, pendahulu Chengdu Research Base of Giant Panda Breeding. Diresmikan pada 1987, sekarang tempat ini dikunjungi sekitar 700.000 orang setiap tahunnya dari seluruh dunia. Tempat inilah yang merawat para panda yang menjadi kekayaan Tiongkok dan simbol persahabatan Tiongkok dengan negara-negara lain.

Figur dua kepala panda keemasan yang menjadi simbol panda base pun menanti kedatangan pelancong. Suasana panda sudah terlihat sejak langkah-langkah awal menelusuri tempat tinggal para panda Chengdu ini. Batang-batang bambu berdiri tegak di sisi kiri dan kanan, menaungi para pejalan kaki dan mendatangkan rasa teduh.

Bagian luar penangkaran dipadati pengunjung yang berdiri memanjang. Penangkaran-penangkaran Chengdu Research Base of Giant Panda Breeding tidak berupa sekat-sekat kaca, tetapi dibiarkan bebas dan tidak berbentuk kandang. Panda-panda berkeliaran di ruang terbuka. Mereka dibiarkan berkeliaran dan mengunyah bambu sendiri.

Selain Provinsi Sichuan, Gansu dan Shaanxi di Tiongkok juga memiliki panda. Namun,  Provinsi Sichuan-lah yang paling terkenal dengan pandanya di seantero Tiongkok. Satu situs lain di Provinsi Sichuan untuk mengunjungi panda, yakni Bifeng Gorge Base of China Panda Protection and Research Center di Kota Ya’an, sekitar satu jam dari Chengdu dengan bus.

Di samping giant panda, Anda pun akan menemui panda merah. Panda merah bukan berarti memiliki fisik serupa dengan giant panda, namun lebih mirip musang. Habitat panda merah berada di hutan-hutan di pegunungan dengan ketinggian sekitar 1.500 hingga 2.500 meter. Habitatnya yang serupa dengan giant panda terbilang unik, terlepas dari tempat tinggal yang sama sekali berbeda. Panda merah atau red panda juga ditemukan di Provinsi Yunnan di Tiongkok, India Utara, Nepal, Kerajaan Bhutan, Sikkim, serta Burma atau Myanmar.

Oya, panda tidak hanya memakan bambu semata. Makanan panda tetaplah bambu dengan proporsi 99% dari makanan sehari-hari panda. Panda-panda ini menyantap lebih dari 60 jenis bambu. Panda liar biasanya menghabiskan 16 jam setiap hari untuk mencari dan memakan bambu, sedangkan panda dalam penangkaran membutuhkan sekitar 10 hingga 12 jam. Panda di penangkaran memakan 20 sampai 40 kilogram bambu, atau sekitar 50 kg rebung dalam satu hari. Uniknya, energi yang dikeluarkan panda lebih kecil dibandingkan dengan asupan yang masuk dalam tubuhnya. Panda juga mengonsumsi rebung, apel, serta roti panda kukus.

Terdapat pula Giant Panda Museum yang dapat membantu pengunjung lebih memahami sejarah, persebaran, maupun reproduksi panda. Museum itu buka pukul 8.40 hingga 17.30, tutup setengah jam lebih cepat dibandingkan dengan penangkaran panda di Chengdu Research Base of Giant Panda Breeding. Mengunjungi museum ini tidak dikenakan biaya tambahan, dan rasanya tidak salah meluangkan beberapa menit untuk sekadar melihat-lihat.

 

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>